Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sembilan Calhaj Klaten Positif Covid, Saat Ini Isoman

Para jemaah calon haji berkumpul di Pendapa Pemkab Klaten, Kamis (9/6/2022). (Detik.com/Achmad Hussein Syauqi)

MURIANEWS, Klaten – Pemkab Klaten mencatat ada sembilan jemaah calon haji (Calhaj) yang saat ini terkonfirmasi Covid-19. Saat ini, sembilan Calhaj tersebut tengah menjalani isolasi mandiri (Isoman).

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, tahun ini total calhaj yang hendah menunaikan ibadah haji asal Klaten mencapai 493 orang. Kesemuanya diperiksa dan wajib menjalani test PCR terlebih dahulu untuk memastikan bebas Covid.

“Dari 493 orang itu, yang keluar hasilnya baru 96 orang. Dari jumlah itu yang positif Corona ada sembilan orang. Sembilan orang ini melakukan isolasi mandiri,” katanya seperti dikutip Detik.com, Kamis (9/6/2022).

Sesuai rencana, lanjut bupati, sembilan calhaj tersebut menjalani isoman selama lima hari. Setelah selesai isolasi, mereka akan segera diambil tes PCR-nya kembali.

“Setelah isolasi mandiri akan diambil PCR-nya, setelah dinyatakan negatif akan diikutkan dalam kloter selanjutnya. Dari Kemenag sudah disiapkan, insyaallah tetap berangkat tahun ini, hanya beda kloter, sudah diatur Kemenag,” jelas Mulyani.

Mulyani menerangkan peristiwa semacam ini tidak hanya terjadi di Klaten. Tapi juga di daerah lain, termasuk Magelang.

“Dari Magelang juga sama, mengalami positif, diisolasi mandiri, di-PCR negatif langsung berangkat. Sisanya (dari 493) saya tadi minta dipercepat, dan memang untuk ngetes tidak bisa langsung keluar hasilnya,” lanjut Mulyani.

Dia menambahkan, sembilan calhaj yang positif Covid kondisinya baik dan diisolasi di rumahnya masing-masing. Meski begitu, mereka tetap dipantau Dinas Kesehatan Klaten.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...