Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO JATENG

Ganjar Beri Bantuan Mesin Cetak Bungkus Rokok untuk KIHT Kudus

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau salah satu pabrik rokok di KIHT Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan bantuan satu unit mesin Etiket atau mesin pencetak kemasan rokok untuk dipergunakan para pelaku usaha rokok kelas III di Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Kabupaten Kudus.

Ganjar datang sendiri untuk menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis pada Kamis (9/6/2022). Dia juga bercengkrama dengan buruh rokok di salah satu pabrik KIHT.

“Jadi ini kami coba bantu usaha-usaha kecil kita mudah-mudahan lebih cepat berkembang,” kata Ganjar.

Dia menyebut, walau dirinya bukan seorang perokok namun dia tetap mendukung para pelaku UMKM rokok untuk terus maju dan berkembang.

“Semoga ini bia menambah kebaikan usahanya, baik dari kualitas usaha hingga terjadi kenaikan skala bisnisnya,” pungkas Ganjar.

Baca: Mesin Rokok untuk KIHT Kudus Harus Penuhi TKDN Minimal 40 Persen

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, bantuan ini akan dipergunakan secara bersama. Utamanya adalah para perusahaan rokok kecil yang membutuhkan mesin ini.

Mesin etiket tersebut, kemungkinan akan dikenakan tarif di tiap pemakaiannya. Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan Pendapatan asli daerah (PAD).

“Tentunya dengan tarif yang sesuai dengan penggunanya ya, jadi tidak akan terlalu mahal, mungkin nanti ngitungnya dia nyetak berapa dikali tarifnya, itu saja,” pungkas Rini.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...