Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Survei Poltracking, Elektabilitas Ganjar Melonjak

Survei Poltracking, Elektabilitas Ganjar Melonjak
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berada di Pendapa RA Kartini Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jakarta – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terkait figure yang dimungkinkan akan menjadi calon presiden 2024. Dalam survei tersebut, Poltracking merilis tiga figure yang tengah popular di kalangan masyarakat.

Tiga public figure itu adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Berdasarkan survei yang dilaksanakan pada 16-22 Mei 2022 dengan menggunakan metode multistage random sampling itu, elektabilitas Ganjar tertinggi, yaitu dengan raihan 30,6 persen. Kemudian, disusul Prabowo dengan elektabilitas 26,8 persen dan Anies dengan elektabilitas 19,8 persen.

“Hasil menunjukkan tiga figur inilah kandidat terkuat Capres 2024 dengan angka elektabilitas yang kompetitif,” ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda, dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (9/6/2022).

Baca: Survei IPO: Popularitas Prabowo Meroket, Ganjar dan Puan Kalah Jauh

Selain itu, ada lima figur kuat sebagai calon wakil presiden. Mereka adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sandiaga memimpin dengan perolehan angka elektabilitas 18,2 persen dan disusul Erick di posisi kedua yang meraih angka 16 persen.

AHY menduduki posisi ketiga dengan perolehan angka 14,1 persen. Berbeda tipis dengan Ridwan Kamil pada posisi keempat dengan perolehan angka 11,4 persen. Terakhir, Puan pada posisi kelima dengan perolehan angka 7,2 persen.

Baca: Hasil Survei IPO: 60 Persen Responden Tidak Puas dengan Kinerja Jokowi-Ma`ruf

“Sangat mungkin terjadi berbagai dinamika, peristiwa, dan momentum politik yang berpotensi mengubah peta politik elektoral ke depan,” ucapnya.

Survei ini diikuti oleh 1.220 responden. Wawancara dilakukan langsung atau tatap muka. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error ±2,9 persen.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...