Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia Menang, Bahkan Shin Tae-yong Juga Tidak Pernah Menyangka

Timnas Indonesia
Rahmat Irianto, merayakan gol kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait. Secara tak terduga Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait. (facebook.com/pssi/photos)

MURIANEWS, Kuwait City – Kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait di pertandingan pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 tidak pernah ada yang menyangka. Hasil ini benar-benar mengejutkan, bahkan untuk Shin Tae-yong yang menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Jauh sebelum pertandingan Timnas Indonesia Vs Kuwait digelar, bisa dikatakan tidak ada yang berani mengatakan Timnas Indonesia bisa menang. Media-media di Kuwait bahkan cenderung meremehkan Timnas Indonesia.

Menjelang pertandingan, Timnas Indonesia bisa dikatakan bukanlah favorit jika dibandingkan Kuwait dan Jordania. Media-media nasional juga tidak ada yang berani menyebut Timnas Indonesia bisa menciptakan kejutan besar ini.

Bahkan Shin Tae-yong sendiri, yang menangani Timna Indonesia mengaku hasil yang diraih timnya tidak pernah disangka-sangkanya. Kemenangan itu diakui Shin Tae-yong menjadi hasil yang sedikit berada di luar pikirannya.

BACA JUGA: Bermain Cerdas, Timnas Indonesia Gasak Tuan Rumah Kuwait 2-1

Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan itu, mengaku sebelumnya hanya berpikir bagaimana para pemainnya bisa bermain sebaik mungkin melawan Kuwait. Tim berjuluk Al Azraq memiliki peringkat FIFA yang lebih baik dan menjadi tuan rumah di pertandingan ini. Sehingga Shin hanya berharap para pemainnya mampu memberikan perlawanan sengit. Satu hal yang ada dibenaknya, kesempatan itu tetap ada, meski untuk sebuah kemenangan tidak begitu dipikirkannya.

“Sebelum pertandingan ini saya berpikir di laga ini kami punya kesempatan. Saya tidak begitu berpikir kami bisa menang melawan Kuwait hari ini terlepas kami punya kesempatan dan saya juga berpikir kemenangan ini datang dengan cara kami, terlepas dari betapa panas cuaca,” jelas Shin dalam konferensi pers usai laga.

Timnas Indonesia dalam pertandingan ini memang kalah dominan dalam penguasaan bola. Bahkan di 20 menit awal pertandingan, tekanan begitu berat harus diatasi para pemain. Namun dengan permainan yang cerdas, efektif dan disiplin tinggi membuat Timnas Indonesia pelan-pelan mampu tampil dengan karakter kuat.

Untuk selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Jordania di pertandingan kedua. Semestinya, posisi Timnas Indonesia tetap tidak akan diunggulkan. Namun kemenangan atas Kuwait ini, dipastikan akan membuat Jordania merubah mentalitasnya.

Jordania memiliki peringkat 90 di daftar FIFA, jauh diatas Indonesia. Seperti yang dikatakan Shin Tae-yong, kesempatan itu tetap ada. Namun tentu saja Timnas Indonesia tetap harus bisa mendapatkan dirinya kembali usai kemenangan mengejutkan ini.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...