Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Wapres Ma’ruf Amin Ajak UMKM Jeli Melihat Peluang Pasar

Wapres Ma'ruf Amin Ajak UMKM Jeli Melihat Peluang Pasar
wakil presiden maruf amin (doc. MUI)

MURIANEWS, Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk jeli melihat peluang pasar. Tidak hanya itu, pelaku usaha juga harus mengetahui tren permintaan produk-produk halal.

“Para pelaku UMKM harus jeli melihat peluang pasar, termasuk salah satunya potensi dan tren peningkatan permintaan produk halal, seperti makanan dan minuman, obat-obatan, dan kosmetika,” kata Ma’ruf, dikutip dari Kompas.com, Kamis (9/6/2022).

Ia mengatakan, kesadaran umat muslim untuk mengonsumsi produk halal telah bergeser menjadi gaya hidup. Sehingga tren produk halal bukan sekedar bagian dari ajaran islam.

BacaPuluhan UMKM di Kudus Mejeng di Expo Dies Natalis UMK

Selain itu, menurut Ma’ruf, masyarakat dunia secara umum, bukan hanya komunitas muslim, kini turut mengakui komoditas halal sebagai produk aman, berkualitas, dan higienis.

“Faktor inilah yang semakin mendorong naiknya kebutuhan akan konsumsi produk halal di dunia,” ujar Ma’ruf.

Di samping itu, Ma’ruf mengakui bahwa transisi pascapandemi masih menjadi tantangan bagi UMKM untuk dapat bertahan, bangkit, dan berkembang.

BacaMenyongsong Kebangkitan UMKM

Namun, ia melihat banyak pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di berbagai daerah yang daya juangnya semakin menguat seiring dibukanya pembatasan kegiatan masyarakat.

“Geliat ekonomi kerakyatan di berbagai ruang publik ini memperlihatkan sinyal baik menuju pemulihan perekonomian bangsa yang berdaya tahan tinggi ke depan,” kata Ma’ruf.

“Peluang ini tentunya juga perlu diimbangi dengan langkah aktif dan adaptif dari pelaku UMK itu sendiri,” terangnya.

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...