Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemberangkatan Calon Haji asal Pati Ini Tertunda Gara-Gara Fotonya Tertukar

Gegara Foto yang Tertukar, Pemberangkatan Calon Haji asal Pati Ini Tertunda
Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Pati, Abdul Hamid. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Seorang calon haji Kabupaten Pati gagal berangkat ke tanah suci berama kloternya pada Sabtu (4/6/2022) lalu. Ini dikarenakan visa-nya salah cetak. Pemberangkatan lelaki yang bernama Laso ini tertunda untuk sementara waktu.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Pati, Abdul Hamid memaparkan visa yang bersangkutan terpampang foto perempuan. Padahal, yang bersangkutan adalah laki-laki.

“Itu jamaah dari kloter 2. Ketika sudah sampai di sana (embarkasi), visa-nya turun ternyata ada salah cetak dari Kedutaan (Arab Saudi),” ujar Abdul Hamid saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/6/2022).

Baca: 695 Calon Haji Pati Diberangkatkan Malam Ini

Atas insiden ini, calhaj ini terpaksa kembali ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah. Sementara visa-nya dikembalikan ke Kedutaan Arab Saudi di Jakarta untuk dilakukan perbaikan.

“Bukan salah nempel paspor foto tetapi salah cetak visa. Ketika dicek fotonya perempuan tapi identitasnya lelaki. Maka (visa-nya) kita kembalikan ke direktorat untuk diteruskan ke kedutaan,” kata Abdul Hamid.

Abdul Hamid melanjutkan, visa perbaikan sudah turun pada Rabu (8/6/2022) malam. Rencananya yang bersangkutan diberangkatkan bersama kloter 10. Ia diberangkatkan bersama jemaah calon Haji dari Kabupaten Rembang ke Kota Madinah untuk mengikuti Salat Arbain atau 40 salat wajib di Masjid Nabawi.

“Baru tadi malam visa-nya turun. Dan insya Allah akan diberangkatkan nanti malam bersama kloter 10. Karena visa-nya sudah jadi. Nanti ke Madinah untuk melaksanakan Arbain,” tutur dia.

Nantinya, calhaj ini akan bergabung bersama kloternya saat di Mekkah dan pulang bersama kloternya selepas ibadah haji.

“Kloter 2 hari Senin (13/6/2022) pagi sudah pindah ke Mekkah karena kegiatannya selesai. Sementara yang jamaah ini Jumat (10/6/2022) pagi baru sampai Madinah melaksanakan Arbain delapan hari di sana,” ungkap dia.

“Ndak ada persoalan. Di tengah keterbatasan waktu aja, sehingga ada hal yang terselip sedikit. Tapi sudah ditangani,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...