Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Penyebab Pertalite Sulit Dicari di Kudus

Antrean kendaraan bermotor yang hendak mengisi pertalite di SPBU Prambatan Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, kini sedang mengalami kelangkaan. Masyarakat Kudus pun mengeluh akan hal ini.

PT Pertamina Patra Niaga buka suara mengenai penyebab kelangkaan ini. Pertamina menyebut alasan utama dari langkanya pertalite adalah karena proses pengiriman BBM yang mengalami kendala.

“Dalam proses pengiriman BBM, kami mengalami kendala macetnya jalan di perbatasan Kota Semarang dan Kabupaten Demak karena rob yang sedang terjadi,” kata Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, Kamis (9/6/2022).

Dia menyebut, karena macetnya itu, lama waktu pengiriman bahkan bisa sampai dua kali lipat waktu pengiriman normal. Sehingga pasokan ke SPBU-SPBU di Kudus mengalami ketersendatan pul.

Walau demikian, pihaknya menjamin akan memprioritaskan pengiriman ke Kabupaten Kudus dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

Baca: Pertalite Mulai Langka di Kudus, Antrean Mengular

PT Pertamina Patra Niaga sendiri mencatat kenaikan pada konsumsi harian pertalite masyarakat Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Acuannya adalah melihat grafik penyaluran rata-rata harian Pertalite di Kudus dalam rentang 17 Mei hingga 7 Juni 2022. Di mana bila dibandingkan penyaluran 1 Januari hingga 31 Maret 2022, ada kenaikan sebesar 6,2 persen.

Baca: Pertalite Langka di Kudus, SPBU Batasi Penjualan

Penyaluran rata-rata harian pertalite di Kudus dari rentang 17 Mei hingga 7 Juni 2022 tercatat sebanyak 224 kiloliter. Sementara rata-rata harian pertalite di Kudus pada 1 Januari hingga 31 Maret 2022 sebesar 211 kiloliter.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...