Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pertalite Langka di Kudus, SPBU Batasi Penjualan

Antrean kendaraan yang hendak mengisi BBM pertalite di SPBU Matahari, Kamis (9/6/2022). (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dalam beberapa waktu terakhir sulit dicari di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Stok di sejumlah SPBU kosong, jika ada maka antrean panjang akan terjadi.

Sejumlah SPBU menyebut jika kuota pengiriman harian mengalami pengurangan. Akibatnya, SPBU pun menerapkan sistem pembatasan penjualan.

Sebagian SPBU melakukan pembatasan dengan sistem pembelian pertalite per waktu, agar para konsumen yang membeli di pagi, siang, dan sore hari bisa tetap mendapat BBM bersubsidi itu.

Salah satu yang menerapkan sistem ini adalah SPBU Matahari Kudus. SPBU ini menjual pertalite di tiga waktu yang berbeda, yakni waktu pagi, siang, dan sore hari saja. Sementara untuk malam, SPBU ini tidak melayani pembelian pertalite.

“Sudah beberapa hari ini dilakukan pembatasan, karena pasokan yang diterima juga tidak seperti biasanya. Harus kami atur sedemikian rupa,” kata pengawas SPBU Matahari Kudus Muslimin, Kamis (9/6/2022).

Baca: Pertalite Mulai Langka di Kudus, Antrean Mengular

Untuk saat ini, kata dia, SPBU Matahari menerima alokasi sekitar 16 kiloliter per harinya. Padahal di hari-hari sebelumnya, pasokan harian yang bisa diterima adalah sebanyak 20 kiloliter.

Oleh karena itu, pihak SPBU membagi penjualan pertalite sebesar 5 kiloliter di pagi hari, 5 kiloliter di siang, dan 5 kiloliter di sore hari.

“Kalau alasan dikurangi tidak tahu karena apa. Tapi kalau tidak salah ada penyesuaian, kemarin pas Lebaran kan permintaannya dicukupi terus, ibaratnya kami minta 24 kiloliter ya dikasih, nah mungkin penyesuaian dari sana,” pungkasnya.

Baca: Konsumsi Harian Pertalite di Kudus Capai 211 Kiloliter

BBM jenis pertalite mulai sulit dicari di hampir semua SPBU)di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kondisi seperti ini, hampir sepekan terjadi di Kota Kretek.

Sebagian masyarakat kemudian beralih ke BBM jenis lainnya karena tak kunjung menemukan BBM bersubsidi itu. Namun sebagian di antaranya sengaja mencari jenis pertalite di sejumlah SPBU di Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...