Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ancaman Krisis Pangan, Jokowi Minta Warga Menanam Kebutuhan Pokok

Ancaman Krisis Pangan, Jokowi Minta Warga Menanam Kebutuhan Pokok
jokowi berikan bantuan modal kepada pelaku usaha kecil (tangkapan layar)

MURIANEWS, Jakarta – Dunia saat ini tengah berada dalam ancaman krisis pangan. Hal itu disebabkan karena pandemi Covid-19 yang terus meluas di negara lain. Kemudian terjadinya perang Ukraina-Rusia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat Indonesia jangan lengah. Menurutnya, warga justru harus bangkit dan mengambil kesempatan dengan menanam bahan pokok secara mandiri.

“Saya mengajak kita semuanya untuk menanam tanaman-tanaman yang menghasilkan bahan pangan pokok. Saudara-saudara bisa ditanami, silakan tanami padi silakan, benar. Mau ditanami apa lagi yang pangan? Jagung? Silakan,” kata Jokowi, dikutip dari Sekretariat Presiden, Kamis (9/6/2022).

BacaHadiri Syukuran Hasil Bumi di Batang, Jokowi: Jangan Ada Lahan Terlantar

Jokowi menyampaikan bahan pokok yang ditanam tak harus padi. Dia menyebut masyarakat bisa menanam porang, jagung, sorgum, dan tanaman lainnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkata pemerintah siap menyediakan lahan untuk pertanian sosial. Dia memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar untuk memfasilitasi rakyat.

Jokowi meminta Siti mendata lahan-lahan yang tak terpakai selama ini. Dia ingin semua lahan digunakan secara produktif.

BacaKunker ke Batang, Jokowi Yakin KITB Serap Banyak Pekerja

“Jangan sampai kita biarkan ada lahan yang telantar, ada lahan yang tidak produktif, benar? Ada lahan yang tidak digunakan apa-apa dibiarkan, nggak boleh. Semuanya harus produktif,” tuturnya.

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Youtube Sekretaria

Comments
Loading...