Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Doa Petani saat Awal Menanam Padi

Doa Petani saat Awal Menanam Padi
Foto: Ilustrasi petani tanam padi (Gambar oleh SIRAG ALGAER dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Untuk mendapatkan hasil panen padi yang baik, banyak upaya yang dilakukan. Selain menerapkan cara bertanam yang baik, para petani juga harus melakukan ikhtiar melalui doa pada saat awal menanam padi.

Melansir dari laman NU Online, Rabu (8/6/2022) masyarakat petani menaruh harapan ketika memasuki masa tanam. Mereka melakukan ikhtiar lahir dan batin melalui doa.

Mereka berusaha untuk menyiapkan tanah, bibit serta benih terbaik, dan pupuk berkualitas untuk mendapatkan hasil terbaik di kemudian hari.

Baca juga: Doa Sapu Jagat, Doa yang Paling Banyak Bibaca Rasulullah SAW

Sayyid Utsman bin Yahya menyarankan agar masyarakat petani melakukan ikhtiar batin berupa doa agar Allah menjaga tumbuhan mereka dan memberikan hasil tanaman yang kualitas, yakni:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ سُبْحَانَ البَاعِثِ الوَارِثِ

Bismillāhir rahmānir rahīm, subhānal bā‘itsil wāritsi.

Artinya: “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Maha suci Tuhan yang membangkitkan lagi mewariskan adanya,” (Sayyid Utsman bin Yahya, Manhajul Istiqamah fid Dini bis Salamah, [Jakarta Selatan, As-Syirkah At-Thahiriyyah: tanpa tahun], halaman 33).

Demikian doa yang disarankan Sayid Utsman bin Yahya yang dapat dibaca pada waktu awal menanam padi atau pohon-pohon lainnya. Wallahu a’lam.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: nu.or.id

Comments
Loading...