Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tips Mencegah Motor Tidak Mudah Dicuri di Lingkungan Rumah

Ini Tips Mencegah Motor Tidak Mudah Dicuri di Lingkungan Rumah
Foto: Ilustrasi (Gambar oleh Steffen Salow dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Mencegah motor supaya tidak dicuri perlu kita lakukan. Pasalnya, kasus kejahatan pencurian kendaraan bermotor di Indonesia sejauh ini masih cukup tinggi.

Kasus pencurian motor ini terjadi di berbagai lokasi. Seperti di tempat parkir, pinggir jalan bahkan di lingkungan rumah.

Pada sepeda motor memang sudah terdapat kunci pengaman. Meski demikian, tidak ada ruginya tetap melakukan upaya lain yang bisa membuat motor lebih aman dari aksi pencurian.

Baca juga: Ini Tips Bikin Jok Motor Jadi Lebih Empuk agar Nyaman saat Berkendara

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah motor dari aksi maling di lingkungan rumah, seperti dikutip dari laman Federal Oil.

Pastikan pagar rumah terkunci dengan baik

Apabila keadaan lingkungan rumah dirasa sangat sepi, alangkah baiknya bila rumah dikunci dengan baik, meski di waktu siang hari sekalipun.

Kesempatan sekecil apapun dapat mengundang perilaku kejahatan, meski sekecil pagar rumah yang lupa untuk dikunci. Maka dari itu, sebelum masuk kedalam rumah, pastikan bahwa pagar sudah berada dalam keadaan yang terkunci.

Kunci stang motor

Biasanya kendaraan akan diparkir di garasi atau tepat di belakang pagar. Meski sudah berada di dalam lingkungan rumah, ada baiknya juga mengunci motor dengan baik.

Selain menutup lubang kunci dengan pengaman bermagnet, anda bisa mengunci stang motor ke arah kanan. Mengunci stang ke arah kanan dapat membuat penjahat kesulitan pada saat ingin membongkar lubang kunci motor.

Tutupi motor dengan cover motor

Kamu juga bisa menambahkan pengaman tambahan dengan cover motor. Cover motor sebenarnya berfungsi untuk menutupi motor dari debu.

Namun selain daripada itu, produk ini juga berfungsi menutupi kendaraan dari pantauan maling. Apalagi jika motor kamu tergolong mahal maupun jenis motor matic yang seringkali dijadikan target pencurian.

Tambahkan sistem pengamanan tambahan di motor

Apabila memang dirasa perlu, kamu bisa menambahkan sistem pengamanan tambahan seperti alarm. Alarm akan berbunyi keras apabila terdapat goyangan atau guncangan di motor kamu.

Suara yang nyaring ini bisa mengejutkan maling sehingga mereka dapat mengurungkan niat untuk mencuri motor kamu.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Comments
Loading...