Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tips Bikin Jok Motor Jadi Lebih Empuk agar Nyaman saat Berkendara

Ini Tips Bikin Jok Motor Jadi Lebih Empuk agar Nyaman saat Berkendara
Foto: Ilustrasi jok motor (federaloil.co.id)

MURIANEWS, Kudus – Jok motor punya peran penting saat berkendara. Terutama kalau berkendara dalam jarak yang cukup jauh.

Dalam kondisi ini, maka butuh jok motor yang empuk agar nyaman saat berkendara. Jika kondisi jok keras maka berkendara menjadi tidak nyaman dan cepat lelah.

Melansir dari laman Astra Motor, berkendara lama tentu memerlukan kenyamanan supaya duduknya tidak panas sehingga fokus tetap stabil. Faktor kenyamanan sebuah jok itu dilihat dari kualitas busanya.

Baca juga: Biar Tidak Mudah Ngantuk saat Berkendara di Malam Hari, Coba Lakukan Cara Ini

Kamu harus pandai memilih motor dengan jok yang memiliki tekstur busa lembut sehingga mampu mengurangi rasa badan pegal jika berkendara jarak jauh.

Ternyata ada berbagai cara agar jok motor tidak keras. Harga untuk revarasinya pun relatif murah. Kamu juga bisa memodifnya sendiri jika bahan yang diperlukan tersedia.

Berikut tips membuat jok motor empuk.

1. Memakai Latex

Latex biasanya dipakai untuk lapisan sofa. Namun, beberapa pengrajin menggunakannya untuk lapisan jok motor supaya empuk.

Bagi kamu yang memakai motor dengan joknya yang keras, bisa dicoba nih. Cukup ganti sebagian busa dari jok motormu dengan lapisan latex saja.

Cara memasang lapisan latex juga tidak sembarangan. Kamu harus kikis busa bagian atas jok dulu, lalu pasang satu lembar lapisan latex.

Cobalah duduki, jika masih belum nyaman, tambahkan satu lembar lapisan latex lagi. Tapi ingat, maksimal dua lembar ya. Jika lebih nanti akan terlalu tinggi dan justru akan membuat berkendara semakin tidak nyaman.

Harga yang dipatok untuk jasa ini tidak sampai tiga ratus ribuan. Biasanya kalau tanpa jahitan tengah, harganya lebih murah yaitu Rp. 250.000.

Tapi jika ingin lebih rapi dan memakai jahitan tengah, kamu harus mengeluarkan kocek tambahan lima puluh ribuan lagi ya. Hasilnya akan sepadan dengan kenyamanan yang didapatkan saat berkendara.

2. Mengganti busa jok original dengan busa jok merk motor lain

Selain memakai lapisan latex, cara ini juga bisa ditiru oleh kamu yang ingin jok motornya empuk. Kamu bisa ganti busa jok bawaan dengan milik jok motor lain yang busanya lebih tebal sekitar 2 cm. Perhatikan ukuran dan tekstur kedua jok supaya pemasangnnya lebih mudah serta pas.

Setelah menyediakan dua busa jok yang akan ditukar, langkah selanjutnya adalah memotong busa bagian atas dari depan sampai belakang motormu, lalu ganti dan pasangkan jok busa yang lebih tebal tadi dengan lem. Perhatikan teksur dengan baik agar tidak bergeser dan pas dengan jok motormu.

Harga yang dipatok untuk pemasangan pergantian busa ini lebih murah dari memakai lapisan latex. Kamu cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp. 150.000 saja sudah bisa mendapatkan jok motor empuk beserta kulit jok yang baru.

3. Tambahkan per atau pegas

Tips ketiga agar membuat jok motor lebih empuk yaitu dengan cara menambahkan per atau pegas pada kerangka jok motor.

Per yang digunakan bukanlah per berulir yang menghadap ke atas, melainkan besi kawat yang elastis dan direntangkan secara horizontal.

Cara memasangnya yaitu kamu harus melubangi kerangka jok motor bawaan, kemudian pasangkan per atau pegasnya. Setelah itu, barulah pasang busanya seperti biasa.

Tidak seperti tips pertama dan ke dua, cara ini terbilang lebih mahal karena pemasangannya dibanderol sekitar Rp. 300.000 sampai Rp. 500.000, hal ini tergantung jenis motornya.

Kebanyakan orang lebih mmeilih tips ke dua, karena selain harga pemasangannya murah, caranya pun terbilang mudah.

Ahli pemasangan dan revarasi jok sudah ada di mana-mana sehingg mencarinya tidak terlalu sulit. Jika kamu ingin lebih hemat, kamu bisa mencari bahan dan memasangnya sendiri. Namun, jika kamu ingin hasil yang bagus dan tidak terlalu repot, lebih baik meminta ahli jok untuk memasangnya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Comments
Loading...