Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sekolah Rusak, Siswa SDN 2 Penawangan Grobogan Terpaksa Ujian di Teras

Sekolah Rusak, Siswa SDN 2 Penawangan Grobogan Terpaksa Ujian di Teras
Siswa terpaksa menggarap ujian akhir semester di teras kelas karena atap ruang kelasnya ambrol. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan – Gegara bangunan sekolah rusak, para siswa SDN 2 Penawangan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah terpaksa mengerjakan ujian di teras sekolah, Selasa (7/6/2022).

Ruang kelas yang mestinya jadi tempat belajar maupun ujian di sekolah itu sudah rusak parah. Plafon sudah ambrol dan dindingnya pun retak-retak.

Siswa terpaksa mengerjakan soal ujian di teras, karena khawatir ruangan itu ambrol. Kondisi itu dibenarkan Kepala SDN 2 Penawangan Budiono.

Baca: Kena Terjangan Angin Kencang, Gedung SD di Grobogan Ini Tiba-Tiba Roboh

Ia mengatakan, pihaknya menempatkan siswa di luar kelas kendati saat ini momentum ujian. Sebab, atap ruang kelas sudah banyak yang ambrol. Menurutnya, kondisi itu sudah berlangsung selama kurang lebih tiga tahun terakhir.

“Ada tiga ruangan ini. Sudah tiga tahun lebih. Ruang ini sudah 30 persen lebih rusak berat. Saya tidak berani merawat karena anggarannya besar. Anggaran BOS (bantuan operasional sekolah) hanya untuk kerusakan ringan. Kalau berat, saya tidak berani,” kata Budiono.

Budiono sendiri terpaksa menempatkan siswanya di teras untuk mengerjakan soal ujian. Ia terpaksa melakukannya demi keselamatan anak-anak.

Mengerjakan di teras, lanjut Budiono, tentunya membuat siswanya tak nyaman. Sebab, setiap kali ada orang lewat, pasti anak terganggu. Kaca motor atau mobil pengendara seringkali mengganggu konsentrasi karena silau (terkena pantulan kaca, red).

“Mengganggu. Anak-anak di luar silau, tidak bisa konsentrasi. Ada kendaraan lewat juga dilihat anak-anak, jadi tidak bisa fokus ke tes,” imbuhnya.

Dikatakannya, pihak sekolah juga kesulitan menyimpan buku-buku siswa. Sebab, sudah tidak punya ruang lagi. Pihaknya pun berharap segera ada bantuan dari pihak terkait agar plafon yang ambrol segera diperbaiki.

“Kalau memang ada bantuan ya dibantu. Kalau tidak ada ya sementara begini saja,” tutupnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...