Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 6 Juni: Hari Lahirnya Presiden Pertama RI Ir. Soekarno di Tahun 1901

Catatan Sejarah Tanggal 6 Juni: Hari Lahirnya Presiden Pertama RI Ir. Soekarno di Tahun 1901
Foto: Presiden Soekarno (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 6 Juni dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 6 Juni yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

913

Kaisar Bizantium Alexander III meninggal dunia karena kelelahan saat bermain tzykanion, sejenis permainan polo di Kekaisaran Bizantium. Ia lantas digantikan keponakannya yang masih berusia delapan tahun, yakni Konstantinus VII.

1513

Pertempuran melibatkan pasukan Prancis dan pasukan Swiss di dekat Novara, sebelah utara Italia. Pasukan Swiss berhasil berhasil mengusir pasukan Prancis dari kawasan Novara dan Milan, setelah itu Massimiliano Sforza kembali menjabat sebagai pemimpin Milan.

Baca juga: Ini Sejarah Candi Borobudur yang Ditetapkan UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia

1644

Pasukan Dinasti Qing di bawah pimpinan Kaisar Shunzhi merebut Kota Beijing di Tiongkok dari tangan Dinasti Ming. Peristiwa tersebut menjadi awal runtuhnya Dinasti Ming dan awal berjayanya Dinasti Qing di Tiongkok.

1808

Kakak dari Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte, Joseph Bonaparte, dinobatkan sebagai raja di Spanyol. Ia memimpin Spanyol sampai 1813 setelah dirinya mengundurkan diri karena kerjaan yang ia pimpin mengalami kemunduran. Setelah turun takhta, banyak yang menduga Joseph tinggal di benua Amerika.

1901

Koesno Sosrodihardjo dilahirkan di Surabaya, Jawa Timur, Hindia Belanda atau kini Indonesia sebagai putra dari pasangan Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Ia kemudian dikenal sebagai Soekarno, presiden pertama Indonesia yang menjabat sejak 18 Agustus 1945 sampai 12 Maret 1967.

1944

Setelah dibombardir menggunakan pesawat tempur milik Inggris, tembok pertahanan Jerman di kawasan pantai di Normandia yang disebut dengan Tembok Atlantik. Dalam penyerbuan tersebut, Jerman menelan kekalahan dengan ratusan ribu tentaranya tewas, ribuan alat tempurnya hancur.

1971

Pertempuran Long Khanh meletus di Provinsi Long Khanh, Vietnam Selatan. Pertempuran itu melibatkan pasukan Australia dan pasukan Vietnam Utara. Pasukan Australia berhasil menang dalam pertempuran tersebut.

1975

Regu putri Indonesia untuk kali pertama Piala Uber yang digelar di Jakarta setelah menang atas Jepang di final 5-2. Regu Indonesia terdiri atas Theresia Widiastuti, Imelda Wigoena, Utami Dewi, Tati Soemirah, Minarni Soedaryanto, dan Regina Masli.

1982

Perang Lebanon meletus setelah pasukan Israel menyerang kawasan Lebanon bagian selatan dan meluas hingga kawasan Lebanon bagian utara. Perang selama kurang lebih tiga tahun, namun Israel gagal menunaikan misinya mencaplok beberapa kawasan di Lebanon.

1992

Kim Hyun-ah lahir 6 Juni dikenal dengan mononim Hyuna, adalah seorang penyanyi, penari, penulis lagu dan peragawan asal Korea Selatan. Ia terkenal pada akhir 2000-an sebagai anggota dari Wonder Girls, kemudian bergabung dengan 4Minute pada 2009.

2002

Asteroid berjarak sangat dekat dengan bumi yang diperkirakan berdiameter 10 meter meledak di atas Laut Tengah, dekat Yunani dan Libya. Ledakan yang dihasilkan diperkirakan berkekuatan 26 kiloton atau lebih dahsyat dibanding ledakan bom nuklir di Nagasaki, Jepang pada 1945.

2012

Transit Venus 2012 terjadi ketika planet Venus muncul sebagai lingkaran kecil dan gelap bergerak di seluruh permukaan Matahari pada 6 Juni 2012 dimulai pukul 6.09 pagi – 12.50 waktu Malaysia. Transit Venus adalah fenomena yang langka.

2015

Barcelona menjadi juara Liga Champions 2015 setelah mengalahkan Juventus dengan skor 3 – 1 dalam laga final Liga Champions di Stadion Olimpiade, Berlin, Jerman. Pencetak gol dari Barcelona adalah Racitic, Suarez dan Neymar. Sedang gol Juventus dibuat Morata.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...