Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

BPS Kudus Mulai Laksanakan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan

BPS Kudus Mulai Laksanakan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan
Kantor BPS Kabupaten Kudus (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai melaksanakan Sensus Penduduk 2020 lanjutan. Kegiatan itu terhitung sejak Rabu (1/6/2022) hingga akhir Juni 2022. Seperti namanya, kegiatan itu merupakan lanjutan dari agenda yang sama pada 2020.

Kepala BPS Kudus Rahmadi Agus Santosa mengatakan, dalam sensus lanjutan ini dilakukan pendataan secara rinci terkait karakteristik penduduk. Adapun di antaranya seperti jenis kelamin, cakupan pendidikan, hingga pekerjaan.

“Sehingga ditemukan karakterisitik penduduk Kabupaten Kudus,” kata dia Sabtu (4/6/2022).

Baca: BPS Kudus Akan Gelar Sensus Lanjutan, Fokus Karakteristik Penduduk

Cakupan sensus kali ini, lanjut dia, meliputi 131 desa dengan jumlah responden sebanyak 11.120 rumah tangga. Mereka, dipilih secara acak oleh petugas.

“Kalau sensus 2020 kemarin kan semuanya, nah ini hanya sampling saja, secara random dan tidak ada kriteria khusus,” imbuhnya.

Terkait hal ini, pihaknya telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus untuk menyosialisasikan program ini. Dengan harapan, masyarakat mengetahui dan bersedia menerima kehadiran petugas sensus.

“Kami juga berharap dukungan dari warga Kudus yang kebetulan masuk dalam sampling agar mau menerima petugas sensus dan menjawabnya dengan baik dan jujur,” pungkasnya.

Sebagai informasi, BPS Kabupaten Kudus telah melakukan Sensus Penduduk Online (SPO) 2020 pada Febuari 2020 lalu. Atau tepatnya pada 15 Febuari 2020 hingga 31 Maret 2020 mendatang. Sensus secara luring juga dilakukan setelahnya hingga bulan September tahun 2020 kemarin.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...