Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO JATENG

AMSI jadi Optimisme Baru Perangi Hoaks

Sekda Jateng Sumarno, Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman bersama membuka rakerwil AMSI Jateng 2022. (Murianews/Ali Muntoha)

MURIANEWS, Semarang – Media massa online yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dianggap sebagai sebuah optimisme baru dalam memerangi hoaks dan hate speech (ujaran kebencian).

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman dalam Rakerwil AMSI Jateng di Patra Convention Hotel Semarang, Jumat (3/6/2022) malam.

Sukirman menilai penyebaran hoaks saat ini cukup mengkhawatirkan. Oleh karenanya ia mengaku cukup senang ketika media-media online yang terhimpun dalam AMSI punya komitmen untuk dalam mencegah hoaks.

“Akhirnya muncul optimisme baru dalam memerangi hoaks dan hate speech tidak sendirian,” katanya.

Harapan baru ini menurutnya akan mendapat dukungan penuh baik dari pemerintah maupun kalangan legislatif.

Hal yang sama juga dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sumarno yang membuka rakerwil tersebut.

“Informasi yang tersebar saat ini kondisinya kan banyak informasi yang tidak benar. Sehingga kami berharap AMSI sebagai penyeimbang dan pengklarifikasi,” ujarnya.

Baca: Cek Fakta dan Literasi Direkomendasikan Masuk Kurikulum Sekolah

Pihaknya berkeyakinan media yang tergabung dalam AMSI ini bisa menjadi penangkal hoaks. Terlebih media online yang tergabung dalam asosiasi ini bekerja menggunakan kompetensi dan kode etik.

Ketua AMSI Jateng Nurkholis menyebut jika media anggota AMSI di Jateng ada 19 media online yang aktif.

Disebutkannya jika untuk menjadi anggota asosiasi ini bukanlah hal yang mudah, karena seleksi yang dilakukan cukup ketat.

“Di antaranya mengenai syarat. Kami menerapkan seratus persen persyaratan perusahaan pers yang ditetapkan Dewan Pers,” terangnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.