Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tim SAR Semarang Gelar Sertifikasi Pilot Drone, Ini Tujuannya

Anggota Tim SAR Semarang saat praktik menggunakan dron untuk pencarian korban. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Kantor SAR Semarang bekerjasama dengan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) menggelar Sertifikasi Pilot Drone terhadap 12 personelnya, selama lima hari ke depan.

Sertifikasi ini dilakukan dalam upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi saat melakukan operasi pencarian dan pertolongan atau SAR.

Baca: Cari Bocah Tenggelam di Grobogan, Tim SAR Kerahkan Lima Perahu

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari, yakni dua hari daring atau pemberian materi secara online dan tiga hari sisanya dengan praktek langsung yang di gelar di lingkungan Gedung Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang.

”Tujuanny untuk membekali kompetensi personel kantor SAR Semarang dan tersertifikasi sebagai pilot Drone,” katanya.

Para anggota Tim SAR Semarang saat mendapat pelatihan penggunaan dron. (Murianews/Istimewa)

Dengan pelatihan ini, lanjutnya, diharapkan seluruh personel mampu mengoperasikan drone untuk pelaksanaan pencarian dalam operasi SAR di gunung hutan, sungai atau perairan dan dokumentasi kegiatan lainnya.

Ada beberapa materi yang diberikan meliputi Basic Drone Operation, Prosedur dan Etika Pilot, Prosedur Keselamatan, Sertifikasi Coaching Penerbangan Drone, Praktek pengoperasian Drone dan diakhiri dengan Ujian sertifikasi pilot Drone.

”Kami harapkan seluruh personel untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan disiplin, cermati, pahami apa yang disampaikan arahan  instruktur dari APDI . Gunakan kesempatan ini untuk memahani ilmu pengetahuan tentang pengoperasian Drone dalam mendukung tugas kantor,” tandasnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.