Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Transmisi Mobil Berdengung? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Transmisi Mobil Berdengung? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Foto: Ilustrasi transmisi (Gambar oleh Pexels dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Transmisi merupakan bagian yang sangat penting pada mobil. Transmisi berfungsi sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda mobil supaya kendaraan dapat berjalan.

Ada dua jenis transmisi yang terdapat pada mobil. Yakni, transmisi otomatis dan manual. Biasanya transmisi manual dikendalikan dengan kopling, sementara transmisi otomatis dapat dijalankan tanpa harus mengatur gigi.

Seiring lamanya pemakaian, terkadang sering muncul gangguan pada transmisi. Salah satunya adalah transmisi berdengung. Pada kondisi ini, pengemudi mobil seringkali mengalami kesulitan memindahkan gigi.

Baca juga: Begini Cara Pengoperasian Tuas Transmisi Mobil Listrik yang Perlu Diketahui

Lalu apa penyebab transmisi mobil berdengung? Dilansir dari Auto2000, berikut adalah penyebab transmisi mobil berdengung.

Kurang Oli

Sebab umum yang sering dijumpai saat transmisi mobil dengung adalah kurang oli. Jika transmisi tidak cukup oli dapat menyebabkan roda gigi atau komponen lain yang terhubung dengan transmisi berbunyi. Akibatnya komponen tersebut akan saling bergesekan karena mekanisme penggeraknya terhambat karena kurangnya oli transmisi.

Oli selain sebagai pelumas juga memberi tekanan saat pergantian gigi. Saat oli terkontaminasi dapat menyebabkan dengungan. Tapi penyebab satu-satunya terjadi suara dengungan bukan karena oli. Bila suara terdengar dari roda gigi tertentu atau bagian lain, ada kemungkinan komponen tersebut sudah aus.

Overheating

Transmisi yang terlalu panas atau overheat juga dapat menjadi penyebab munculnya suara bising. Jika pengemudi tiba-tiba menciup bau oli terbakar, ini umumnya dikarenakan transmisi mengalami overheating dan harus dilumasi.

Oli tidak hanya berperan dalam melumasi komponen untuk membantu kelancaran pergerakan elemen. Kestabilan suhu komponen juga bergantung dengan oli. Pada sejumlah kendaraan bahkan mempunyai radiator mini khusus transmisi yang berguna untuk mendinginkan pelumas.

Mesin Telat Merespons

Terlambatnya respon mobil dan berdengungnya transmisi saat pedal gas diinjak menandakan ada yang tidak normal pada mobil. Ini terjadi kemungkinan plat kopling mobil sudah sangat tipis jika menggunakan mobil bertransmisi manual. Sementara untuk kasus mobil matik, kemungkinan besar ini terjadi karena kinerja body valve telah melemah.

Sambungan Penggerak Roda Belakang yang Bermasalah

Penyebab transmisi mobil berdengung lainnya adalah penggerak roda belakang yang tidak berfungsi dengan baik. Ini dapat terjadi terutama saat kopling yang dipasang memiliki kualitas yang buruk.

Saat terjadi kegagalan fungsi sambungan dapat menyebabkan poros melentur tidak benar. Ini akan berakibat transmisi mobil berdengung dan getaran saat memindahkan gigi.

Kopling Sudah Aus

Umumnya kendaraan bertransmisi manual akan bunyi saat koplingnya sudah aus. Oleh karenanya itu, perawatan mobil secara berkala sangat disarankan. Ini dilakukan guna mengetahui kualitas setiap komponen pada kendaraan yang masih layak pakai, termasuk kopling.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.