Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tips Bikin Nagasari biar Lebih Lembut dan Kenyal

Ini Tips Bikin Nagasari biar Lebih Lembut dan Kenyal
Foto: Kue Nagasari (argowindo.com)

MURIANEWS, Kudus – Nagasari adalah salah satu makanan tradisional di Indonesia yang banyak digemari. Indikasinya, makanan ini masih banyak dibuat maupun dijual sampai saat ini.

Harga nagasari ini juga cukup terjangkau dan rasanya lezat. Nagasari dibuat dari bahan utama tepung beras, santan, dan gula pasir.

Sedangkan bahan tambahan lainnya untuk isian adalah potongan pisang dan nangka. Nagasari dimasak dengan bungkus daun pisang.

Baca juga: Cerita di Balik Kue Lebaran Serba Ikan Khas Jepara

Bagi yang mau bikin nagasari sendiri juga cukup mudah. Namun, perlu diperhatikan cara masaknya agar nagasari bisa kenyal dan teksturnya lembut.

Melansir dari Kompas.com, Executive Chef Hotel Santika Premiere Yogyakarta Totok Siswantoko, memberi tips mengukus nagasari agar lembut dan kenyal seperti berikut ini.

Olesi Daun Pisang dengan Sedikit Minyak

Tips pertama agar nagasari lembut dan kenyal adalah olesi daun pisang dengan sedikit minyak. Daun pisang yang digunakan adalah pisang batu. Jenis daun pisang ini dapat membuat adonan kue nagasari lebih harum.

Sebelum digunakan, bersihkan daun pisang dahulu dari kotoran yang menempel. Setelah itu oleskan sedikit minyak goreng pada daun pisangnya. Ini bertujuan agar adonan tidak lengket pada daun pisang.

Gunakan Panci Stainless Steel

Saat proses mengukus kue nagasari, Chef Totok menyarankan agar menggunakan panci stailess steel. Menggunakan panci tersebut dianggap dapat menghasilkan kue nagasari seperti tekstur dan aroma aslinya.

Jika hanya memiliki panci aluminium juga tidak apa-apa, namun hasilnya akan sedikit berbeda saat menggunakan panci stainless steel.

Durasi Proses Mengukus Adonan Nagasari

Ketika merebus air dalam panci kukusan, pastikan air terebus hingga mendidih. Saat sudah medidih, uap akan memenuhi panci lalu masukkan nagasari dan kukus hingga matang.

Proses mengukus tidak memerlukan waktu lama karena pada dasarnya nagasari telah matang. Hanya saja nagasari cukup dikukus hingga bentuknya lebih padat tetapi lembut.

Tambahkan Daun Pandan saat Mengukus

Agar hasil nagasari beraroma harum, dapat menambahkan satu ikat daun pandan. Daun pandan ditambahkan saat proses merebus  dengan memasukkannya ke dalam air rebusan selama proses mengukus nagasari.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: Kompas.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.