Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tak Ingin di Luar Pagar, PKS Siap Jalin Koalisi

Tak Ingin di Luar Pagar, PKS Siap Jalin Koalisi
Aboe Bakar Alhabsyi (dok. DPR RI)

MURIANEWS, Jakarta – Partai keadilan Sejahtera (PKS) tak ingin berada di luar pagar atau di luar pemerintahan pada pemilu 2024 mendatang.  Sehingga, PKS menyatakan siap untuk berkoalisi dengan partai lain untuk mendapatkan posisi.

Kesiapan koalisi dengan partai lain itu dinyatakan oleh Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsyi. Dia menjelaskan, koalisi bisa saja dilakukan asalkan tidak posisi PKS tidak dikunci. Namun, apabila dikunci, pihaknya akan mencari koalisi lain.

“Kami sudah tak mau lagi di luar pemerintahan. Kita ingin mengusung bukan lagi mendukung,” kata Aboe, diktip dari suara.com, Senin (30/5/2022).

Aboe juga emberikan sejumlah syarat apabila nantinya berkoalisi dengan partai lain. Dalam hal ini, PKS meminta untuk tetap diberikan kebebasan sehingga tidak ada istrilah mengunci dalam koalisi.

Baca: Koalisi Indonesia Bersatu Diprediksi Rontok Sebelum 2024

“Ajakan siapa saja boleh, welcome PKS. Tapi tidak boleh dikunci. PKS dilepas bebas,” ujarnya.

Menurutnya, dalam gerbong koalisi pihaknya juga tidak akan membatasi partai lain untuk bermain. Namun, hal itu tentunya juga berlaku bagi PKS agar tidak melulu ditekan dalam koalisi.

“Siapa pun yang ingin bermain (koalisi) silakan, mau kejar, PKS insyaAllah siap, tapi jangan kunci kami ngerti maksudnya ya,” imbuh dia.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengajak PKS ikut berkoalisi dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), termasuk di ajang kontestasi Pilpres 2024. Sehingga didalamnya nanti terdapat empat kekuatan besar partai, yakni PAN, PKS, Golkar dan PPP.

Baca: Gorlkar, PPP dan PAN Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu 

“Atmosfer kita itu pengap, negatif, dan tidak produktif. Mungkin akibat Pilpres kemarin hanya dua pasang. Karena Pilpres hanya dua pasang, para pendukung mati-matian mendukung kandidatnya. Oleh karena itu kami mencoba membuat koalisi, maksudnya mudah-mudahan PKS bisa bersama-sama,” kata Zulkifli.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Suara.com

Comments
Loading...