Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tak Semua Pengunjung CFD Kudus Scan PeduliLindungi

Tak Semua Pengunjung CFD Kudus Scan PeduliLindungi
Kode Scan QR PeduliLindungi di CFD Alun-alun Simpang Tujuh Kudus dicuekin, Minggu (29/5/2022). (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Car Free Day (CFD) di Kabupaten Kudus kembali digelar Minggu (29/5/2022). Ini kali pertama digelar usai vakum dua tahun akibat kasus Covid-19 yang belum terkendali.

Warga Kudus oun memanfaatkannya dengan mengunjungi arena CFD. Ada yang berolahraga atau sekadar berkumpul sahabat, hingga sekadar jajan kuliner di sana.

Sayangnya, moment itu sedikit memberi kabar tak sedap. Yakni, tak semua pengunjung CFD menscan PeduliLindungi yang telah disediakan.

Baca: CFD Kembali, Warga Kudus Lepas Rindu

Padahal kode Quick Response (QR) aplikasi PeduliLindungi telah disediakan di sejumlah titik. Salah satunya di sisi selatan Alun-alun Simpang Tujuh Kudus.

Banner berisi QR PeduliLindungi pun sekadar ada saja. Beberapa warga ada yang cuek, namun lainnya mau menscan barcode itu.

Padahal, di barcode tersebut tertera tulisan “Scan di sini”. Sebelum memasuki lokasi ini, Scan kode QR untuk pelacakan kontak. Namun, pengamatan Murianews, tidak ada pengunjung yang memindai barcode tersebut.

Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan pihaknya meletakkan beberapa kode QR PeduliLindungi untuk memfasilitasi warga yang hendak memasuki area CFD. Ia pun segera mengecaluasi pelaksanaan CFD itu.

“CFD hari ini sebagai awal kami untuk evaluasi. Dari sini kita lihat untuk gelaran CFD di pekan-pekan berikutnya,” katanya, Minggu (29/5/2022).

Hartopo melanjutkan, beberapa masyarakat yang datang ke CFD juga sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes). Menurutnya, beberapa warga sudah memakai masker.

“Walaupun sebenarnya pemerintah sudah memperbolehkan untuk lepas masker di area terbuka. Tetapi tetap harus berhati-hati,” sambungnya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus pada hari ini menggelar CFD secara terbatas. Yakni hanya di kawasan Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus. Pedagang yang menggelar lapak juga hanya dibatasi 100 orang saja.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...