Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Destinasi Wisata yang Cocok untuk Touring Sepeda Motor

Foto: Touring Jelajahi Kaki Gunung Merapi (www.astramotor-md.co.id)

MURIANEWS, Kudus – Destinasi wisata sport tourism di Indonesia sekarang ini makin digemari. Sesuai dengan namanya, sport tourism adalah wisata yang dikombinasikan dengan olahraga.

Di Indonesia ada beberapa tempat sport tourism yang berbasis kearifan lokal. Bahkan, saat ini, Indonesia dianggap sebagai ikon sport tourism dunia berkat keindahan alam dan budaya yang dimiliki.

Nah, berikut ini adalah sport tourism di Indonesia yang cocok untuk touring sepeda motor, seperti dikutip dari laman Kemenparekraf.

Baca juga: Wow! Enam Sport Tourism di Indonesia Ini Dilabeli Nama Selebriti, Ini Lokasinya

Gunung Bromo

Salah satu destinasi adventure yang cukup populer di kalangan pecinta motor adalah Gunung Bromo. Jalur yang menanjak dan penuh tantangan merupakan tantangan yang ditawarkan saat touring motor.

Lebih menantang dengan melewati jalur lautan pasir Gunung Bromo yang lembut dan sulit dilalui motor. Bagi yang tertarik menjajal adrenalin di Bromo, disarankan touring saat musim hujan, karena kondisi pasir lebih padat dan mudah dilewati.

Dieng

Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu destinasi touring sepeda motor yang cukup populer di Indonesia. Selain pemandangan yang indah, terdapat beragam destinasi wisata yang dapat memacu adrenali, salah satunya di kawasan Dieng.

Daya tarik touring di Dieng yang sering diincar wisatawan adalah saat melewati Tol Kahyangan. Kendati jalannya mulus dan mudah dilalui, terdapat beberapa tanjakan terjal yang cukup menantang untuk pemacu adrenailn, khususnya pengendara motor. Setelah melewati tanjakan tersebut, pemotor dapat menyaksikan panorama perbukitan dan ladang hijau yang menyegarkan mata.

Gunung Merapi

Bagi pecinta motor trail, Gunung Merapi sering masuk dalam daftar favorit destinasi wisata adventure. Dengan jalurnya yang tidak rata justru menjadi daya tarik wisatawan untuk menjajal trek objek wisata di Yogyakarta ini.

Dengan mengendarai motor, wisatawan dapat melihat langsung kediaman Almarhum Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo. Selanjutnya dapat menelusuri Kali Opak yang menjadi jalur lahar sepanjang 5-10 kilometer.

Black Lava Kintamani

Beralih ke pulau Dewata, destinasi touring motor yang tak kalah menantang dan memacu adrenalin berikutnya adalah Black Lava Kintamani. Seperti namanya, Black Lava Kintamani merupakan lautan pasir hitam yang berasal dari letusan lahar gunung berapi.

Sejuknya udara dipadukan lautan pasir penuh kerikil serta batuan besar, kian menambah adrenalin saat melibas trek di Black Lava. Umumnya, trek dan kontur di Black Lava Kintamani digunakan untuk olahraga ekstrim seperti motor trail.

Pantai Sawarna

Selain gunung, destinasi wisata adventure yang cocok untuk pecinta motor adalah Pantai Sawarna. Pecinta motor kerap mengincar daya tarik saat melalui jalur yang naik turun dan berkelok-kelok. Panorama khas pegunungan serta udara segar, semakin membuat betah pemotor di Pantai Sawarna.

Pantai Amed

Pantai paling ujung timur di Bali ini jadi salah satu destinasi wisata touring motor yang banyak diminati. Jalan yang berkelok dan memerlukan konsentrasi tinggi menjadi jaminan pengalaman yang menantang bagi pecinta motor.

Pantai yang berjarak 88 km dari pusat Kota Denpasar ini menjanjikan perjalanan yang tidak membosankan. Pasalnya perjalanan menuju Pantai Amed diapit oleh gunung dan laut biru jernih yang sangat menawan.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: kemenparekraf.go.id

Comments
Loading...