Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sudah Tahu Perbedaan Mobil AWD, 2WD, 4WD, RWD, dan FWD? Ini Penjelasannya

Sudah Tahu Perbedaan Mobil AWD, 2WD, 4WD, RWD, dan FWD? Ini Penjelasannya
Foto: Ilustrasi mobil Toyota Vios (toyota.astra.co.id)

MURIANEWS, Kudus – Ada beberapa tipe penggerak mobil yang ada saat ini. Antara lain tipe 2WD, 4WD, AWD, FWD dan RWD.

Masing-masing punya spesifikasi sendiri. Lantas, apakah perbedaannya?

Berikut penjelasan mengenai tipe 2WD, 4WD, AWD, FWD dan RWD, seperti dikutip dari Auto2000, Sabtu (28/5/2022).

Baca juga: Ini Cara Mendongkrak Mobil Sedan yang Baik dan Benar biar Tidak Merusak Sasis

Mobil Bertipe AWD

Mobil dengan tipe penggerak AWD (all wheel drive) ini adalah salah satu bagian dari 4WD. Sistem penggerak ini menggunakan keempat rodanya untuk menempuh beragam macam medan jalan.

Tipe jenis ini sesuai dengan namanya, mobil AWD akan mengaktifkan seluruh roda, sehingga tak mengherankan jika mobil jenis ini butuh bahan bakar yang relatif lebih banyak dari lainnya. Sistem penggerak AWD kebanyakan disematkan pada mobil sport atau mobil SUV terbaik yang mengandalkan kecepatan.

Mobil Bertipe 4WD

Seperti yang diulas sebelumnya, mobil 4WD dan AWD sering dianggap sebagai sistem penggerak yang sama. Padahal terdapat perbedaan diantara kedua sistem penggerak ini.

Jika AWD menggerakkan seluruh roda mobil tanpa dapat diatur, beda dengan 4WD (four wheel drive). Jenis penggerak ini dapat mengatur jumlah roda penggeraknya, misalnya hanya dua roda bagian depan atau belakang dan bahkan keempatnya sekaligus. Inilah kenapa mobil 4WD seperti Toyota Land Cruiser banyak dipakai untuk offroad.

Mobil Bertipe 2WD

Selanjutnya untuk sistem penggerak mobil dengan dua roda adalah tipe 2WD (two wheel drive). Sistem penggerak ini paling banyak digunakan saat ini, baik itu SUV, MPV hingga sedan. Mobil 2WD ini terbagi menjadi tipe RWD dan FWD.

Mobil Bertipe RWD

Tipe RWD (rear wheel drive) menggunakan dua roda belakang saja sebagai penggerak mobil. Mobil berjenis ini tidak dapat diubah menjadi empat roda atau diganti roda depan saja seperti jenis penggerak 4WD.

Contoh mobil bersistem RWD adalah Toyota Avanza yang dapat meminimlalisasi selip, khususnya saat berada di tanjakan atau mengangkut banyak penumpang.

Mobil FWD

Tipe terakhir adalah front wheel drive (FWD). Tipe ini masih termasuk bagian dari 2WD, tapi dengan penggerak dua roda bagian depan saja. Sama dengan RWD, tipe FWD juga tidak dpat diubah menjadi 4WD.

Jenis mobil ini memiliki keuntungan traksi lebih baik saat keadaan jalanan licin. Contoh mobil dengan penggerak FWD adalah Toyota Vios.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.