Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO JATENG

Ganjar Sidak Pembangunan Puskesmas di Cilacap, Banyak yang Rusak

Gubernur Ganjar Pranowo sidak pembangunan Puskesmas Jeruklegi Kabupaten Cilacap. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Cilacap – Proyek pembangunan Puskesmas Jeruklegi di Kabupaten Cilacap, Sabtu (28/5/2022) disidak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam sidak itu, Ganjar menemukan banyak kerusakan padahal bangunan baru jadi.

Ini ditemukan Ganjar Ketika masuk ke dalam bangunan dan melihat secara detil.

Ganjar menemukan sejumlah retakan di tembok, cat dinding yang tidak rata. Bahkan plafon bocor, lantai keramik pecah dan sejumlah kerusakan lainnya.

Ganjar pun langsung mencari kontraktor yang mengerjakan proyek. Kontraktor mengatakan siap memperbaiki karena masih dalam masa perawatan.

Ganjar pun meminta kontraktor segera memperbaiki dan memberikan laporan detil secara berkala.

“Segera perbaiki ya mas? Njenengan tahu kan saya itu detil. Pasti lihat dong waktu saya sidak di SMA Tawangmangu,” ucap Ganjar mengingatkan.

Baca: Ganjar Ngamuk Bangunan SMAN Tawangmangu Dikerjakan Asal-Asalan, Ditendang Pelan Langsung Jebol

Puskesmas Jeruklegi dibangun dengan anggaran bantuan dari Pemprov Jateng sebesar Rp 3 miliar. Selain itu, ada juga bantuan dari Pemkab Cilacap untuk pengembangan.

“Memang biasanya, bangunan itu kalau milik pemerintah dan tidak diawasi detil, mesti jadinya jelek. Makanya saya selalu menyempatkan untuk mengecek langsung,” kata Ganjar.

Meski demikian, Ganjar menyebut jika secara keselutuhan bangunan Puskesmas Jeruklegi tidak terlalu jelek. Hanya saja, finishing-nya disebut buruk dan ada beberapa yang kualitasnya kurang baik.

Ganjar juga sempat bertanya ke kontraktor tentang adakah pungli atau pihak-pihak yang mengganggu dalam proses pembangunan. Ganjar memastikan akan menindak tegas jika ditemukan hal tersebut.

“Maka tadi saya tanya, ada yang minta duit nggak? Jangan-jangan pada minta duit, minta setoran semuanya, terus kemudian kualitasnya dikurangi. Tadi jawabannya tidak. Mudah-mudahan tidak. Kalau jawabannya tidak, saya kira komitmen dari penyedia jasa pastilah bisa memperbaiki ini. Karena pemprov membantu ini, ya saya akan ikut mengawal. Kita akan ikut mengawal,” pungkasnya.

Baca: Jokowi Disinyalir Beri Dukungan ke Ganjar untuk Capres 2024

Sementara itu, Taufik selaku kontraktor mengatakan, pihaknya siap untuk menyelesaikan maupun memperbaiki beberapa hal yang menjadi revisi.

“Memang ini masih dalam masa perawatan, jadi kami sangat siap untuk mengevaluasi beberapa titik yang memang menjadi PR dari Pak Gubernur. Waktu perawatan kami masih enam bulan, dan kami yakin satu atau dua pekan nanti sudah selesai perbaikan-perbaikannya,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...