Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO KALTENG

PN Palangkaraya Digeruduk Warga Lantaran Bebaskan Terdakwa Kepemilikan Sabu-Sabu

PN Palangkaraya Digeruduk Warga Lantaran Bebaskan Terdakwa Kepemilikan Sabu-Sabu
warga Palangkaraya geruduk PN setempat (kompas.com)

MURIANEWS, Palangkaraya – Sejumlah warga Kabupaten Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendatangi Pengadilan Negeri (PN) setempat, Jumat (27/5/2022). Mereka melakukan aksi demonstrasi lantaran terdakwa kepemilikan sabu-sabu seberat 198,41 gram yang berinisial S, dibebaskan oleh majelis hakim.

Sebelumnya, S telah ditangkap oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalteng pada November 2021. Penangkapan S berlangsung di Kampung Puntun, Kecamatan Pahandut, Kota Palangkaraya, yang dikenal sebagai pusat peredaran narkoba.

Setelah menjalani persidangan dan menjatuhkan vonis kepada terdakwa, namun majelis hakim justru memberikan vonis bebas kepada terdakwa. Sehingga hal ini memunculkan reaksi dari masyarakat.

Baca: Fantastis, Polres Sukabumi Berhasil Gagalkan Peredaran Sabu-Sabu Senilai Rp 29 Miliar

Sidang itu dipimpin oleh hakim ketua Heru Setiyadi dan dua hakim anggota Erhamuddin serta Syamsuni. Dalam putusannya, ada perbedaan pendapat di antara hakim. Dua hakim menilai S tidak bersalah, sedangkan satu hakim lainnya menilai S terbukti bersalah.

Ketua Umum Forum Pemuda Dayak Bambang Irawan dalam orasinya meminta agar majelis hakim yang membebaskan terdakwa S segera untuk dinonaktifkan. Sebab, S terbukti memiliki sabu-sabu seberat 198,41 gram sabu-sabu.

“Kita menyimpan saja sudah kena sanksi, itu dua ons. Apakah perlu dua ton atau dua kontainer, baru jelas sanksinya?” katanya, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (28/5/2022).

Baca: Hendak Edarkan Sabu-Sabu Seberat 1 Kg, Pria Ini Dicokok Polisi

Menanggapi adanya protes dari warga, Wakil Kepala Pengadilan Negeri Palangkaraya Achmad Peten Sili akan berkoordinasi dengan Pengadilan Tinggi (PT) Kalteng. Dia juga mengklaim sudah bersurat dengan PT Kalteng untuk menyampaikan adanya protes terkait putusan yang membebaskan terdakwa S.

“Saya jamin bahwa siang sampai sore ini, surat itu akan kami kiriman ke Pengadilan Tinggi sebagai Perwakilan Mahkamah Agung di Kalimantan Tengah”, kata Achmad Peten.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...