Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ingin Menyumbang Darah? Cek Jadwal Donor PMI Kudus Akhir Pekan Ini

Kegiatan donor darah PMI Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus terus menggelar kegiatan donor darah. Kegiatan donor darah tersebut dilakukan lewat jemput bola maupun di kantor PMI Kudus.

Bagi warga yang hendak mendonorkan darah di akhir pekan ini dapat datang langsung ke Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus atau ke kantor PMI Kudus yang berlokasi di Jalan Kudus-Purwodadi, Desa Jati Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Sabtu (28/5/2022) hari ini, PMI Kudus menggelar donor darah di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus pukul 16.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Sedangkan pada besok Minggu (29/5/2022) pihak PMI Kudus juga melanjutkan kegiatan donor darah secara jemput bola di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus pukul 05.00 WIB sampai 09.00 WIB.

“Kami juga buka kegiatan donor darah di kantor PMI Kudus. Waktunya mulai pukul 08.00 WIB sampai 21.30 WIB,” kata Humas Unit Donor Darah PMI Kabupaten Kudus Praptiningsih, Sabtu (28/5/2022).

Praptiningsih menyampaikan, pihaknya terus berupaya untuk mendapatkan donor darah. Hal itu dilakukan seiring adanya permintaan darah dari beberapa rumah sakit di Kudus.

“Rumah sakit di Kudus yang sudah punya bank darah pasti rutin meminta darah ke kami. Makanya kami harus terus cari pendonor,” sambungnya.

Baca: 83 Sapi di Kudus Suspek PMK, 33 di Antaranya Sembuh

Menurutnya, beberapa permintaan darah dari beberapa rumah sakit di Kudus masih terus kontinyu setiap harinya. Mulai dari RS Mardirahayu, RSUD Loekmono Hadi, RSI Sunan Kudus, RS Kumala Siwi, RS Aisyiyah, dan RSU Nurussyifa.

Per hari ini ketersediaan stok darah di PMI Kudus ada 86 kantong darah. Terdiri dari golongan darah A sebanyak 41 kantong, golongan darah B ada 16 kantong, golongan darah AB sejumlah tiga kantong, dan golongan darah O sebanyak 26 kantong.

“Harapan kami bisa mendapatkan pendonor yang banyak supaya bisa membantu kebutuhan darah di beberapa rumah sakit,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...