Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO YOGYAKARTA

Ikut Salati Jenazah Buya Syafii, Ganjar: Beliau Panutan yang Menyejukkan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melayat atas meniggalnya Buya Syafii. (Istimewa)

MURIANEWS, Yogyakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyempatkan diri ikut malaksanakan salat jenazah mantan Ketua PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau akrab disapa Buya Syafii di Masjid Gedhe Kauman, seusai melaksanakan salat Jumat.

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu menyempatkan diri taziah seusai menghadiri acara pelantikan Rektor UGM, Jumat (27/5/2022). Pihaknya juga menyampaikan duka vita mendalam atas meninggalnya cendikiawan muslim tersebut.

Baca: Kabar Duka, Buya Syafi`i Maarif Meninggal Dunia 

“Saya menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian Buya Syafii Maarif. Beliau itu tokoh panutan yang selalu menyejukkan,” kata Ganjar.

Selama hidup, sosok Buya Syafii sangat berkesan bagi Ganjar. Terakhir saat Ganjar menjenguk beliau di rumah sakit pada 15 Mei lalu. Saat itu, Buya begitu semangat menyambutnya dan bercerita banyak hal.

”Saat saya masuk, eh Pak Gubernur apa kabar? Maskerku mana, akau mau cerita. Begitu katanya. Sampai terkhir saya terharu juga, Buya minta foto dengan saya. Beliau menyambut saya dengan sangat hangat. Beliau juga selalu memberikan spirit pada kita-kita yang masih muda ini,” jelasnya.

Ganjar mengatakan mengenal Buya Syafii Maarif sejak mahasiswa. Saat itu, dulu ia pernah mengundang Buya Syafii mengisi ceramah.

Baca: Buya Syafii Maarif Meninggal Karena Serangan Jantung

”Kemudian saya pernah ke rumah beliau, dengan gaya yang sangat santai sekali. Buya saya ke sana ya, luar biasa itu. Jadi beberapa kali saya bertemu beliau, memang wonge semanak (memang orangnya sangat hangat),” pungkasnya.

Sebelumnya, kabar duka datang dari Yogyakarta. Matan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafi`i Maarif  telah pulang ke rahmatullah atau meninggal dunia.

Buya Syafii meninggal dalam usia 86 tahun pada Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah, Gamping, Kabupaten Sleman.

Baca: Sri Sultan Sampaikan Duka Atas Wafatnya Buya Syafii: Yogya Kehilangan

”Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif,” ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...