Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pembongkaran Jembatan Juwana Pati Ditarget Senin

Pembongkaran Jembatan Juwana Pati Ditarget Senin
Jembatan Juwana pasca kebakaran. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Pembongkaran Jembatan Juwana Kabupaten Pati ditargetkan Senin (30/5/2022). Target itu dicanangkan pelaksana proyek pembangunan Jembatan Juwana, PT Bukaka Teknik Utama Tbk.

Itu diungkapkan Construction Manager PT Bukaka Teknik Utama Tbk Jateng, Fathoni usai rapat penentuan pembangunan Jembatan Juwana di Ruang Joyo Kusumo Setda Pati, Jumat (27/5/2022).

“Target kami Senin dapat dibongkar. Karena bagaimana pun jembatan ini sudah kritis setelah terbakar kemarin,” ujar Fathoni.

Baca: Nasib Jembatan Juwana Pati Segera Ditentukan

Menurutnya Jembatan Juwana Pati sudah tidak layak digunakan setelah adanya kebakaran pada Minggu (22/5/2022) lalu. Beberapa komponen baja sudah melengkung.

“Jembatan itu melengkungnya seharusnya ke atas, ini ke bawah. Artinya minus. Itu strukturnya sudah berkurang banyak. Sehingga rekomendasinya sementara digunakan roda empat dan roda dua. Dan kalau bisa segera dibongkar,” lanjut dia.

Selain itu, Jembatan Juwana Pati sudah berumur lebih dari 50 tahun dan dinilai sudah tidak layak digunakan. Apalagi perkembangan kendaraan-kendaraan saat ini sangat pesat dan mempunyai beban yang besar.

“Muatan itu sudah banyak. Sekarang banyak ODOL. Kita khawatir roboh,” kata dia.

Ia mengungkapkan bentuk jembatan nantinya akan sama dengan jembatan saat ini. Dengan umur jembatan bisa digunakan sampai 50 tahun ke depan.

“Kekuatan tonase standar 12 ton. Umur 50 tahun asal tonase sesuai. Bentuk jembatan sama dengan saat ini,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.