Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO KAMPUS

Pengurus IKA Mahakarta 2022-2025 Resmi Dilantik, Ini Program Prioritasnya

Pengurus IKA Mahakarta 2022-2025 Resmi Dilantik, Ini Program Perioritasnya
Foto bersama IKA Mahakarta usai pelantikan (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Yogyakarta – Pengurus Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IKA) Mahakarta UPN Veteran Yogyakarta periode 2022-2025 resmi dilantik. Pelantikan itu dilakukan setelah adanya Musyawarah Besar (Mubes) III pada 27 Maret 2022 di Auditorium UPN Veteran Yogyakarta.

Pelantikan yang berlangsung di Ruang Seminar FISIP Kampus II UPN Veteran Yogyakarta pada Minggu 22 Mei 2022 itu juga disaksikan langsung oleh Rektor UPN Veteran Yogyakarta Prof Dr M Irhas Effendi MSi. Ia juga berkesempatan untuk memberikan sambutan dan pengarahan.

Prof Irhas mengatakan bahwa UPN Veteran Yogyakarta akan terus membantu dan menfasilitasi kegiatan IKA Mahakarta. Terlebih Mahakarta juga mempunyai program yang selaras dengan kegiatan kampus, yakni bela negara. Sejauh ini, program tersebut juga menjadi ciri khas UPN Veteran Yogyakarta.

“Realisasi tersebut diwujudkan dengan menempatkan Sekretariat IKA Mahakarta di Kampus II UPN Veteran Yogyakarta Jl Babarsari Nomor 2 Tambakbayan untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan bela negara dalam arti sempit dan luas,” ujarnya.

Dalam pelantikan ini, Ketua IKA Mahakarta UPN Veteran Yogyakarta terpilih Ir H Sugeng Riyadhi MM mengatakan, IKA Mahakarta saat ini telah menyantumkan berbagai program kerja. Nantinya program tersebut diharapkan dapat mewadahi aspirasi alumni dalam pengembangan organisasi, pengabdian pada masyarakat dan usaha.

“Selain itu program yang telah berjalan seperti kegiatan Search and Rescue (SAR) dan minat bakat seperti menembak yang tergabung dalam Mahakarta Shooting Club, akan terus dijalankan dan diwadahi,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Murianews, Jumat (27/5/2022).

Sementara Sekretaris Umum IKA Mahakarta Assoc Prof Dr Edwi Arief Sosiawan menyatakan, sebagai wadah aspirasi alumni, IKA Mahakarta telah memiliki banyak anggota dan sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Mereka juga mempunyai profesi dan keahlian dibidang masing-masing yang akan diwujudkan dalam pengembangan program bela negara.

Menurutnya, hal itu adalah untuk kemajuan bangsa dan negara serta turut serta dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“IKA Mahakarta dan UPN Veteran Yogyakarta melalui Pusat Studi Pengembangan Bela Negara akan membuat konsep baru dalam mereposisikan kembali resimen mahasiswa yang kini masih belum jelas status dan posisinya,” tutup Edwi.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar

Comments
Loading...