Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Aplikasi Sering Force Close, Coba Lakukan Cara-Cara Berikut ini

Aplikasi Sering Force Close, Coba Lakukan Cara-Cara Berikut ini
Foto: Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Force close atau aplikasi tiba-tiba keluar sendiri sering dialami saat menggunakan HP android. Saat mengalami hal ini, pengguna HP terkadang merasa jengkel.

Pasalnya, saat itu mereka sedang menggunakan ponselnya untuk urusan yang penting. Tentu saja, aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri ini akan mengganggu aktivitas.

Nah, jika agar tidak mengalami masalah tersebut, coba lakukan cara ini, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Jangan Unduh Tiga Aplikasi Android Ini, Pulsa Anda Bisa Tersedot

Restar Ponsel

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan me-restart ponsel. Metode lama ini sering dilakukan saat aplikasi mengalami gangguan atau error.

Dengan menghidukan ulang, dapat mengatasi berbagai bug atau error pada aplikasi. Setelah itu, coba buka kembali aplikasi yang tiba-tiba menutup sendiri.

Hapus Cache

Penyebab aplikasi force close bisa dikarenakan cache aplikasi yang menumpuk atau terlalu penuh. Untuk itu, pemilik ponsel harus secara rutin menghapus cache aplikasi.

Caranya cukup mudah, pertama ke menu Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi > Cari aplikasi yang mengalami force close > Pilih “Hapus data” > Bersihkan cache.

Hapus Beberapa Aplikasi di Ponsel

Penyebab aplikasi keluar sendiri biasanya karena penyimpanan internal ponsel yang penuh dan memengaruhi kinerja aplikasi lainnya. Guna mengatasi persoalan ini, pemilik ponsel harus memilih beberapa aplikasi yang di-uninstal agar memberi ruang penyimpanan.

Cara untuk uninstall aplikasi, pertama masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi > Cari aplikasi yang ingin dihapus> Pilih “Uninstal”.

Update Aplikasi

Selain beberapa cara yang telah disebutkan di atas, aplikasi yang mengalami force close harus diupdate untuk mengatasi error atau bug. Karena beberapa versi aplikasi akan mengalami error saat belum di-update. Pengguna dapat melakukan update aplikasi di Google Play Store.

Instal Ulang Aplikasi

Cara ini hampir mirip dengan melakukan pembaruan aplikasi. Saat aplikasi tiba-tiba menutup sendiri, coba untuk uninstall aplikasi, kemudian download ulang di Play Store. Ini ditujukan agar aplikasi menggunakan versi terbaru dengan kinerja yang lebih baik.

Reset Pabrik

Dalam mengatasi aplikasi keluar sendiri pada Android, umumnya dapat dilakukan dengan cara-cara sebelumnya. Tapi jika masih tidak teratasi, pemilik ponsel dapat melakukan reset pabrik. Namun cara ini dapat menyebabkan seluruh penyimpanan dan data akan hilang.

Oleh karena itu cara ini masuk dalam opsi terakhir dalam mengatasi aplikasi force clos  Untuk reset pabrik berikut ini caranya buka menu Pengaturan > Tentang Telepon > Klik “Setel Ulang Pabrik”. Sebagai catatan, sebelum melakukan reset pabrik, pastikan seluruh akun dan data telah dilakukan pencadangan.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...