Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ratusan Calon Haji Asal Kudus Ikuti Bimbingan Manasik

Ratusan calon jemaah haji asal Kudus mengikuti bimbingan manasik di Hotel @hom Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 494 jemaah calon haji Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mendapat bimbingan manasik haji, Rabu (25/5/2022).

Bimbingan manasik yang digelar di Hotel @hom tersebut, menghadirkan narasumber Kakanwil Kemenag Jateng H Mustain Ahmad, dan Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus Asrul Fatkhi mengatakan, bimbingan manasik digelar supaya jemaah haji bisa mendapatkan arahan dan pembekalan sebelum keberangkatan yang akan dilakukan pada awal Juni 2022 nanti.

“Mereka mendapatkan materi kebijakan Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia tentang haji,” katanya.

Baca: Kuota Calon Haji Asal Kudus Bertambah

Calon jemaah haji, sambung dia, diberi pemahaman soal kebijakan-kebijakan terbaru saat Covid-19, hingga etika saat beribadah haji. Termasuk tahapan pemberangkatan sampai pemulangan juga disampaikan kepada calon jemaah haji.

“Seperti kebijakan protokol kesehatan sampai seperti perjalanan berangkat atau pulang nanti mereka harus tahu. Begitu juga saat menjalankan ibadah haji. Rencananya nanti keberangkatan dari Kudus menuju Asrama Haji Donohudan terlebih dulu,” ungkapnya.

Baca: Duh, Satu Calon Haji di Kudus Gagal Berangkat Gara-Gara Belum Vaksin

Setelah ini, sambung dia, manasik haji secara materi dan prakti akan kembali diperoleh calon jemaah haji di tempat terpusat di masing-masing kecamatan.

“Akan ada manasik haji di setiap kecamatan sebelum keberangkatan. Rencananya mungkin empat hari ke depan mulai dari materi sampai praktik,” ujarnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...