Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kuota Calon Haji Asal Kudus Bertambah

Ilustrasi

MURIANEWS, Kudus – Kuota calon jemaah haji di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada awal Juni 2022 nanti, bertambah. Kudus yang sebelumnya mendapatkan kuota 484 orang, kini bertambah menjadi 494 jemaah calon haji yang akan diberangkatkan.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus Asrul Fatkhi membenarkan adanya penambahan kuota calon jemaah haji tersebut.

“Iya benar bertambah sekarang jadi 494 calon jemaah haji,” katanya, Rabu (25/5/2022).

Ia menjelaskan, bertambahnya kuota haji di Kudus tersebut setelah adanya pembatalan yang dilakukan oleh calon jemaah haji dari kabupaten/kota lain di Jawa Tengah.

Baca: Duh, Satu Calon Haji di Kudus Gagal Berangkat Gara-Gara Belum Vaksin

Beruntungnya, nomor porsi cadangan sejumlah jemaah asal Kudus berada di urutan teratas atau paling dekat.

“Di Jawa Tengah itu porsinya tetap 13.776 calon jemaah haji. Kebetulan ada yang membatalkan, dan cadangan dari Kudus itu urutan teratas, otomatis naik mengganti yang membatalkan,” jelasnya.

Ratusan jemaah tersebut, sambung dia, akan dibagi menjadi tiga kloter, yakni kloter tujuh, delapan, dan sembilan.

Baca: Sisa 2.531 Kuota Jemaah Haji Diisi Cadangan, Begini Ketentuan Pengisiannya

Di kloter tujuh, nantinya hanya ada 35 calon jemaah haji dan paling banyak ada di kloter delapan berjumlah 305 calon jemaah haji.

“Sisanya ada di kloter sembilan. Petugas dari Kudus ada dua di kloter delapan, dan calon jemaah haji yang ada di kloter tujuh dan sembilan akan didampingi petugas dari kabupaten/kota lain yang jumlahnya lebih dominan,” ungkapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...