Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Nasib Jembatan Juwana Pati Segera Ditentukan

Nasib Jembatan Juwana Pati Segera Ditentukan
Penampakan Jembatan Juwana setelah mengalami kebakaran. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Nasib Jembatan Juwana Pati segera ditentukan. Bupati Pati Haryanto menyebut nasib jembatan yang terkena imbas kebakaran bangunan liar di kolongnya itu ditentukan Jumat (27/5/2022).

Penentuan nasib itu dilakukan dengan agenda rapat. Di mana, rencananya, dalam rapat itu akan mengundang Polres Pati, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan pihak terkait.

Rapat itu nantinya membahas rencana pembongkaran dan pembangunan Jembatan Juwana. Mengingat pada Minggu (22/5/2022) lalu, jembatan di Jalan Pantura Pati-Rembang itu turut terbakar imbas kebakaran 11 bangunan liar di bawahnya.

Baca: Jembatan Juwana Pati Tak Direkomendasikan Dilewati, Gegara Kebakaran

Sedianya, Jembatan Juwana Pati dibongkar 4 Juni 2022 mendatang. Itu setelah jalur alternatif sudah dilebarkan dan dibenahi demi kelancaran arus lalu lintas saat pengerjaan.

Namun, setelah adanya peristiwa kebakaran itu, pembongkaran dan renovasi jembatan pun harus segera dilakukan. Pasalnya, beberapa besi baja penyangga jembatan ini melengkung akibat kebakaran.

“Sesuai dengan janjinya kan jalur alternatif dibenahi dulu, baru ditutup dan dibongkar. Karena ini ada kecelakaan kebakaran untuk sementara ini ditutup. Karena khawatir kalau dilewati. Itu penyangganya kan melengkung,” ujar Haryanto kepada awak media, Selasa (24/5/2022) kemarin.

“Hasilnya (dibongkar atau menunggu perbaikan jalan alternatif) nanti hari Jumat. Apakah dibuka kembali atau diadakan pembongkaran,” lanjut dia.

Baca: Jembatan Juwana Pati Segera Dibongkar, Sebabnya…

Ia berharap pembongkaran dan pembangunan jembatan ulang nantinya tidak menimbulkan kemacetan yang parah. Mengingat masa pengerjaan jembatan ini hingga 9 bulan.

Haryanto tak mau kemacetan Maret lalu di Jalan Pantura Pati-Rembang terulang. Maka dari itu harus ada solusi untuk mengatasi hal ini.

“Jangan sampai nanti dibongkar menimbulkan kemacetan. Karena panjang pengerjaannya kurang lebih 7 sampai 9 bulan. Biar macet ndak berhari-hari, berbulan-bulan. Harus ada solusi,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...