Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sejumlah Seniman Mancanegara Bakal Pentas di Festival Muria Raya Jepalo Pati

Sejumlah Seniman Mancanegara Bakal Pentas di Festival Muria Raya Jepalo Pati
Masyarakat Desa Jepalo sedang mempersiapkan Festival Muria Raya. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Sejumlah Seniman dijadwalkan tampil di Festival Muria Raya. Kegiatan itu rencananya digelar di Desa Jepalo, Kecamatan Gunungwungkal, Pati Kamis-Sabtu (26-28/5/2022).

Salah satu panitia, Maskuri mengatakan acara itu dimeriahkan dengan penampilan seniman lokal Pati dan daerah lain. Bahkan, seniman asal Jepang dan Meksiko direncanakan ikut memeriahkan acara.

Para seniman ini nantinya manggung di tengah persawahan yang disulap menjadi area pertunjukan. Sawah berundak telah dipersiapkan jadi panggung para seniman.

Baca: Jembatan Juwana Pati Segera Dibongkar, Sebabnya…

“Yang mengisi acara ada beberapa seniman. Mulai dari seniman desa kami sendiri, ada Teater Mina Tani Pati, Tridhatu Semarang, ada seniman Jepang, Yuta Karoki yang berkolaborasi dengan Ki Ageng Qitmir dan ada juga seniman asal Meksiko juga,” ujar Maskuri kepada MURIANEWS, Selasa (24/5/2022).

Mereka nanti akan mengisi acara secara bergantian. Pada hari pertama, acara dimulai dengan kirab budaya, pentas Teater Mina Tani, Lamporan dan penampilan dari Tridhatu.

Hari kedua giliran para seniman asal Desa Jepalo, Markaban Langitan, Terbang Jawa dan Dongeng Anak. Hari kedua juga akan dimeriahkan dengan workshop Gati Wijen Muria. Di mana anak-anak diajak berkreasi dengan biji-bijian dari Gunung Muria.

“Ada dolanan sawah, mencari jangkrik, luku-lukuanan dan lainnya. Ini untuk mengenal anak-anak agar lebih mengetahui mainan-mainan tradisional. Biar mainannya ndak handphone saja,” tutur dia.

Di hari terakhir akan dimeriahkan seniman asal Jepang dan Meksiko. Mereka akan berkolaborasi dengan seniman asal Indonesia untuk pertunjukan tari. Yuta Karoki akan duet dengan Ki Ageng Qitmir.

Sedangkan seniman asal Meksiko bersama seniman Indonesia akan menampilkan pertunjukan musik. Mereka tergabung dalam kelompok SriMara Art Collective.

“Acara ini bertema Bebrayang Agung. Karena menggelar acara ini dengan gotong royong dengan masyarakat sekitar. Para pengunjung juga tidak kami kenakan tarif masuk. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...