Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Usai Perkuat Timnas Indonesia U-23, Mark Klok Sebut Gaya Latihan Shin Tae-yong ‘Gila’

Mark Klok
Mark Klok memuji gaya melatih Shin Tae-yong, usai menjadi bagian Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2022. (.facebook.com/marcklok10)

MURIANEWS, Jakarta- Usai memperkuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2022 (2021) Vietnam, gelandang Mark Klok memberikan bebera penilaian terhadap Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu disebut memiliki gaya latihan yang ‘gila’.

Mark Klok yang menjadi gelandang bertahan Timnas Indonesia U-23, menjadi bagian penting dari keberhasilan mereka meraih medali Perunggu di SEA Games 2022 lalu. Pemain keturunan ini menjadi penentu dalam adu tendangan pinalti melawan Malaysia U-23.

Menurut Mark Klok, ide melatih yang dilakukan oleh Shin Tae-yong berbeda dengan yang dilakukan kebanyakan pelatih di tanah air. Pemain keturunan Belanda ini menilai Shin Tae-yong memiliki ide melatih ‘gila’.

Sentuhan berbeda dari Shin Tae Yong itu dirasakannya saat memperkuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2022. Dirinya memang baru pertama kali ini mendapatkan kesempatan membela Timnas Indonesia. Dari sini dirinya mengaku mendapatkan pengalaman berbeda dan sangat berguna bagi pengembangan kemampuannya di sepak bola.

BACA JUGA: Program Latihan Shin Tae Yong Keras, Marc Klok Mengaku Badannya Sakit

“Coach Shin punya mindset berbeda dari orang [pelatih] Indonesia, punya disiplin sangat kuat. Dan saya sangat suka itu,” ujar Klok dikutip dari YouTube PSSI.

Ide atau prisip kepelatihan Shin Tae-yong menurutnya, memberikan dampak besar bagi Timnas Indonesia. Dalam hal ini, para pemain hanya perlu memiliki kemampuan keras dalam mengikuti program latihannya.

Para pemain juga terus dipacu untuk tidak cepat puas, dan harus berani meninggalkan zona nyaman yang sudah didapatkan. Semua harus pergi kea rah yang lebih baik dibandingkan yang sudah diraih saat ini.

“Kalau pemain sudah ada di zona nyaman, biasanya tidak ingin meningkatkan dirinya sendiri. Saya pikir dengan style ini dengan filosofi (Shin Tae-yong) kita keluar dari zona nyaman, dan kita belajar dalam setiap latihan dan pertandingan untuk memperbaiki kualitas kita,” kata gelandang Persib Bandung itu.

Shin Tae Yong dikontrak PSSI untuk menangani Timnas Indonesia pada akhir 2019. Mantan pemain dan pelatih Timnas Korea Selatan ini, dinilai telah memberi dampak bagi peningkatan Timnas Indonesia.

Sejauh ini, Shin Tae-yong sudah memberikan prestasi bagi Timnas Indonesia menjadi runner-up di Piala AFF 2020. Sedangkan di SEA Games 2022 (2021) Timnas Indonesia U-23 mendapatkan medali perunggu.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: PSSI

Comments
Loading...