Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mantab! 4 Tanaman Hias di Sukoharjo Ditukar dengan Honda Jazz

Penukaran tanaman hias philodendron domesticum dengan mobil di Pakuwon Mal Solo Baru, Sukoharjo, Minggu (22/5/2022). (Istimewa-dok Godhong Suek)

MURIANEWS, Sukoharjo – Keelokan tanaman hias memang tak ada matinya. Bahkan, saking cintanya dengan tanaman ini, orang rela merogoh kocek dalam-dalam supaya bisa mendapat barang kesayangannya itu.

Hal itu terjadi di Sukoharjo. Kolektor asal Pasuruan, Jawa Timur bernama Angga alias Godhong Suek membeli empat tanaman hias dengan sebuah mobil Honda Jazz.

Dilansir Solopos.com, Angga memang sering barter dengan barang berharga miliknya. Ia pun tak keberatan mengganti mobilnya dengan empat tanaman hias tersebut. Apalagi, salah satun tanaman yang ia belin jenis Philodendron Domesticum yang harganya sekitar Rp 90 juta.

Tanaman hias lainnya yang ditukar dengan mobil itu adalah Monstera, Lobelia, dan Strawberry. Keempat tanaman itu dipamerkan di Bursa dan Kontes Aroid Nusantara di Pakuwon Mal, Solo Baru, Minggu (22/5/2022).

“Sudah sering melakukan barter biasanya juga barter pakai motor, mobil, dan lainnya. Kalau ini barter dengan Mas Solichin karena sudah kenal juga sering bertemu di kontes-kontes,” katanya saat ditemui di sela-sela bursa dan kontes.

Angga mengaku berminat dengan tanaman philodendron domesticum tersebut lantaran termasuk dalam variegata. Menurutnya, warna daun yang keluar dari tanaman tersebut terbilang unik dan jarang ditemukan.

“Tanaman ini di hutan banyak sebetulnya, [tapi] dari seribu cuma satu yang ada [warna daun unik]. Umumnya warnanya hijau, cuma ini bisa keluar warna putih, kuning atau yang disebut dengan perubahan warna atau variegata. Makanya ini jarang-jarang orang yang tahu,” jelasnya.

Lantaran keunikannya, tumbuhan yang memiliki tinggi lebih dari satu meter itu pernah memenangkan kontes tanaman hias. Angga menyebut tanaman tersebut sudah memenangkan kontes juara dua nasional di Jakarta.

Tak hanya itu, tanaman itu juga sempat memenangkan juara pertama dalam kontes tanaman hias di Solo beberapa waktu lalu.

Pria itu menceritakan perawatan daun variegata biasanya menggunakan air coca-cola di campur dengan air biasa untuk menjaga kesehatan daun tanaman hias. Menurutnya setiap kolektor memiliki cara khusus untuk merawat tanaman.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...