Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Serahkan Jabatan Bupati Jepara, Andi Titip PR

Serahkan Jabatan Bupati Jepara, Andi Titip PR
Dian Kristiandi berjabat tangan dengan PJ Bupati Jepara Edy Supriyanta. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Dian Kristiandi resmi melepas jabatannya sebagai Bupati Jepara. Kepada Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, dia menitipkan sejumlah pekejaan rumah (PR).

Serah terima jabatan dilaksanakan di Pendapa RA Kartini Jepara, Selasa (24/5/2022). Di hadapan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jepara dan para tamu, Andi memamerkan sejumlah capaian selama dia memimpin Jepara.

“Selama saya menjadi wakil, lalu menjadi bupati, semua berjalan dengan baik. Tentu ini berkat dukungan seluruh stakeholders,” kata Andi.

Baca: Edy Supriyanta Jadi Pj Bupati Jepara, Ini Profilnya

Andi mengakui angka kemiskinan di Jepara belum sepenuhnya beres seperti yang diinginkan. Sebab, dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 sebesar 8 persen, hingga tahun 2021 capaiannya berada di angka 7,44 persen.

Meski begitu, angka itu masihlah cukup baik ketika dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid-19 selama dua tahun kemarin. Bahkan, di tingkat Provinsi Jawa Tengah, Jepara menempati urutan ketiga terendah.

“Angka ini membuat kami turut bangga. Karena kita tahu, pandemi cukup membuat kondisi tatanan sosial, ekonomi dan budaya menurun. Semua kegiatan masyarakat terbatasi. Saya titip untuk melanjutkan itu,” ujar Andi.

Lalu, Andi juga menitipkan PR soal stunting. Di Jepara, angka stunting masih bertengger di 12,5 persen.

Kemudian, karena pandemi juga, angka pengangguran terbuka di Kota Ukir sebesar 4,6 persen. Namun, bagi Andi, masyarakat Jepara memiliki karakter tangguh untuk menghadapi setiap keadaan. Ia pun yakin, angka tersebut bisa turun.

“Soal-soal itu mesti diselesaikan bersama. Dengan cara gotong royong. Terkait pengangguran, orang Jepara itu, kalau tangannya mau bergerak pasti tidak akan kelaparan,” tutur Andi.

Kepada Edy Supriyanta, Andi yakin PR-PR itu mampu diselesaikan dengan baik. Tentunya dengan gotong royong dan kerja-kerja kolaboratif.

“Atas nama pribadi dan (kepemimpinan, red) periode saya, saya mohon maaf sebesar-besarnya bila ada kekurangan,” pungkas Andi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...