Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemkab Pati Usulkan Raperda Pembangunan Industri

Pemkab Pati Usulkan Raperda Pembangunan Industri
Rapat Paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Senin (23/5/2022). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mengusulkan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Pati 2022-2042.

Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin menilai regulasi itu nanti dapat memberi arahan dan pedoman tentang sasaran, strategi, serta rencana aksi pembangunan industri Kabupaten Pati.

Itu diungkapkannya dalam Rapat Paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Senin (23/5/2022).

Baca: Rob Genangi Sejumlah Desa di Pati

“Diharapkan mampu mewujudkan industri daerah yang mandiri dan berdaya saing, maju dan berwawasan lingkungan,” kata pria yang akrab disapa Safin itu.

“Kemudian, adanya pemerataan pembangunan industri guna memperkuat dan memperkokoh ketahanan nasional. Serta meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat secara berkeadilan,” imbuhnya.

Dalam penyusunan Raperda ini, pihaknya mengacu rencana induk pembangunan industri nasional 2015-2034 dan kebijakan industri nasional.

Meski begitu, tetap memperhatikan potensi sumber daya industri daerah, rencana tata ruang wilayah provinsi Jawa Tengah dan rencana tata ruang wilayah Kabupaten Pati.

“Upaya penyusunan rencana pembangunan industri daerah diarahkan agar pembangunan industri daerah dapat menggerakkan sumber daya secara optimal, efisien, dan mempercepat perekonomian daerah. Sehingga pada gilirannya menciptakan lapangan kerja baru dan memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 DPRD Pati Joni Kurnianto menyebut baik usulan Raperda ini. Pihaknya akan menggelar rapat dan meminta pendapat fraksi tentang Raperda kni.

“Nanti setelah itu ada penyampaian pendapat fraksi, Pak Bupati akan memberikan jawaban, di lihat di situ apakah ada masukan atau bagaimana,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...