Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tak Hadir di Pelantikan Pj Bupati Jepara, Ini Alasan Dian Kristiandi

Tak Hadir di Pelantikan Pj Bupati Jepara, Ini Alasan Dian Kristiandi
Dian Kristiandi saat sampai di puncak Gunung Lawu. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Pelantikan Pejabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta di Gedung Gradhika Bakti Praja Semarang, tak dihadiri sosok Dian Kristiandi, mantan Bupati Jepara.

Saat dikonfirmasi MURIANEWS, Andi, sapaan akrab Dian Kristiandi mengaku sudah memiliki niat untuk menghadiri pelantikan Edy Supriyanta. Namun, ia niat itu batal terealisasikan.

Sebabnya, ia terjebak cuaca saat muncak ke Gunung Lawu, Sabtu (21/5/2022). Ia pun akhirnya tak bisa mengikuti agenda yang sudah dijadwalkan itu.

Baca: Edy Supriyanta Jadi Pj Bupati Jepara, Ini Profilnya

“Saya sudah ada niat berangkat. Bahkan seragam saya sudah siapkan. Tapi alam berkata lain,” kata Andi kepada MURIANEWS, Senin (23/5/2022) sore.

Andi menjelaskan, pada Jumat (20/5) lalu, ia dan para kepala dinas dan sejumlah pejabat, termasuk Sekda Jepara Edy Sudjatmiko mengadakan acara perpisahan. Lokasinya di sebuah hotel di kawasan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Acara tersebut selesai pukul 23.00 WIB. Sebelumnya, Andi juga berniat untuk naik Gunung Lawu. Selepas acara tersebut, Andi beristirahat sekitar 2 jam.

Rencana awalnya, Andi naik Gunung Lawu pada Sabtu Pagi. Namun, mengingat ada agenda pelantikan tersebut, dirinya naik gunung lebih awal.

Sebagian pejabat ikut naik ke puncak. Namun sebagiannya lagi, termasuk Sekda Jepara Edy Sudjatmiko tidak ikut naik gunung dan memilih pulang pada Sabtu pagi.

Lalu, pada Sabtu pukul 02.00 WIB, Andi bersama rombongan pejabat lain mulai merapat ke basecamp Candi Cetho. Satu jam berikutnya, pendakian dilakuan.

“Dari rencana awal, saya bisa turun ke titik pemberangkatan awal pada Minggu pagi. Sehingga masih bisa mengejar acara yang di Semarang itu. Dan tidak ada rencana bermalam di puncak,” ujar Andi.

Andi mengatakan dirinya bisa mencapai puncak Gunung Lawu pada Sabtu sore sekitar pukul 15.30 WIB. Menjelang Maghrib, Andi turun dari puncak.

Pada waktu pertengahan jalan turun puncak, Andi menemui cuaca ekstrem. Tiba-tiba muncul hujan dan badai yang memaksanya untuk bermalam di Pos 3.

“Semalaman hujan lebat dan badai. Terpaksa kami bermalam,” kata Andi.

Andi terjebak cuaca ekstrem itu hingga Minggu pagi. Setelah cuaca sudah kondusif, dia melanjutkan perjalanan turun.

Dari Pos 3 ke bascamp pemberangkatan, Andi mengaku turun sambil berlari. Namun, tetap saja dia tiba di pos pemberangkatan setelah Ashar.

Setelah memperhitungkan waktu perjalanan ke Semarang, Andi memutuskan untuk tidak hadir pada pelantikan tersebut.

Namun, dirinya memastikan besok pagi, Selasa (24/5/2022) akan menghadiri serah terima jabatan di Pendapa RA Kartini Jepara. “Besok saya hadir di pendapa (Jepara),” tegas Andi.

Dari informasi yang dihimpun MURIANEWS, besok pagi memang ada agenda serah terima jabatan di Pendapa RA Kartini Jepara. Dijadwalkan, acara tersebut dilaksanakan pukul 10.00 WIB.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...