Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Rob Genangi Sejumlah Desa di Pati

Rob Genangi Sejumlah Desa di Pati
Penampakan rob di pesisir Pati, Jawa Tengah. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Rob genangi Sejumlah desa di pesisir Kabupaten Pati. Peristiwa itu akibat tingginya ombak yang menerjang kawasan pesisir Kabupaten Pati, Senin (23/5/2022).

Air laut menggenangi rumah-rumah dan tambak ikan milik warga. Bahkan, akibat terjangan ombak, tanggul laut di Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti rusak.

“Kejadian menyebar di beberapa daerah. (Seperti) Desa Puncel, Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti dan Tunggulsari, Kecamatan Tayu. Kami sudah mendapatkan laporan,” ujar Ketua Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetya kepada MURIANEWS.

Baca: Jembatan Juwana Pati Tak Direkomendasikan Dilewati, Gegara Kebakaran

Ia mengatakan, rob yang menggenangi sejumlah desa itu lebih tinggi dari biasanya. “Di tanggul Desa Banyutowo saja sampai jebol. Menurut warga baru kali ini setinggi ini,” lanjut dia.

Akibat kejadian ini, para warga mengalami kerugian antara ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah. Itu dikarenakan beberapa fasilitas dan area tambak ikut terdampak.

“Kerugian antara ratusan juta atau bahkan miliaran mas, terutama kerusakan di areal tambak,” ungkap Martinus.

Sementara itu, warga Desa Puncel, Jaiman menuturkan, air rob mulai naik di daerah sekitar pukul 10.00 WIB. Terus meninggi hingga puncaknya sekitar pukul 15.00 WIB.

“Ini membuat tambak di desa kami tergenang air rob. Ada puluhan tambak yang terkena padahal ikan nila dan bandeng sudah ada,” kata lelaki yang akrab disapa Pak Je ini.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...