Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Meninggal Dunia, Mantan Bupati Wonogiri Dimakamkan di Sragen

Jenazah diberangkatkan ke makam keluarga di Dukuh Cungul RT 35, Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Sragen, pada Senin (23/5/2022). (Istimewa/Jumanto)

MURIANEWS, Sragen — Mantan Bupati Wonogiri, Jawa Tengah, Oemarsono, meninggal dunia pada Minggu (22/5/2022). Oemarsono meninggal pada usia 82 tahun setelah mengalami sakit di Rumah Sakit (RS) dr Moewardi Solo.

Sesuai rencana, jenazah mantan Bupati tersebut dimakamkan di tanah kelahiran Dukuh Cungul RT 35, Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Senin (23/5/2022).

Sejumlah kepala daerah dan pejabat dari kawasan Soloraya bertakziah ke rumah duka sejak Minggu (22/5/2022) sampai Senin (23/5/2022) ini. Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Gebang, Jumanto seperti dikutip Solopos.com, Senin (23/2/2022).

Dia mengatakan jenazah Oemarsono dimakamkan di area permakaman keluarga, di dukuh setempat sekitar pukul 09.00 WIB tadi.

”Mulai tadi malam. Pemda Wonogiri hadir. Pak Bupati (Wonogiri) Joko Sutopo sama wakilnya juga,” katanya.

Selain Bupati Wonogiri, lanjut dia, pimpinan DPRD Wonogiri beserta staf Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri turut hadir di rumah duka. ”Kemudian Forkopimda (forum koordinasi pimpinan daerah) Sragen. Bu Yuni (Bupati Sragen) beserta wakilnya dan kepala dinas,” ujarnya.

Jumanto menjelaskan Oemarsono tinggal di Kota Solo, Jawa Tengah setelah pensiun sebagai Gubernur Lampung periode 1998-2003. Tetapi, Oemarsono kerap berkunjung ke Cungul Masaran Sragen saat akhir pekan.

”Memang Pak Oemarsono orangnya disiplin dan tegas. Menjadi panutan anak cucunya,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, sosok Oemarsono menjadi inspirasi warga setempat. Banyak warga Gebang Masaran Sragen yang menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

”Dulu pernah menjadi Sekda Sragen. Terus menjadi Bupati Wonogiri dua periode. Lalu Wakil Gubernur dan Gubernur Lampung,” tutur dia.

Sebagai informasi, Oemarsono merupakan Bupati Wonogiri ke-13 pada periode 1985-1995. Kemudian, pada periode 1995-1998 ia menjabat Wakil Gubernur Lampung. Setelah itu, Oemarsono menjabat sebagai Gubernur Lampung periode 1998-2003.

Dilansir dari wikipedia.org, Oemarsono lahir pada 3 Mei 1940. Ia meninggalkan seorang istri Edyati Dwi Lestari dan tiga orang anak, yakni Projo Sudrajat, Retno Dwi Hartati, dan Toto Tri Mulyarto.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...