Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Calon Jemaah Haji Jepara Mulai Persiapan

Calon Jemaah Haji Jepara Mulai Persiapan
Calon Jemaah Haji Jepara Mendapatkan Bimbingan di Gedung Haji Jepara, Senin (23/5/2022). (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Sebanyak 535 calon jemaah haji di Kabupaten Jepara akhirnya bakal diberangkatkan ke tanah suci. Kini, mereka mulai mempersiapkan diri.

Misalnya saja hari ini, Senin (23/5/2022), mereka mengikuti pembekalan teknis terkait pemberangkatan haji. Pembekalan ini dilaksanakan di Gedung Haji Jepara.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara, Muh Habib mengatakan, pemberangkatan haji bagi calon jemaah dari Jepara sudah bisa dipastikan.

Baca: Edy Supriyanta Dilantik Jadi Pj Bupati Jepara

Namun, untuk tanggalnya, dirinya masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat.

“Intinya sudah ada kejelasan akan berangkat. Pemberangkatannya di kloter awal. Pertama adalah Kabupaten Pati. Kemudian disusul Kabupaten Jepara,” kata Muh Habib, Senin (23/5/2022).

Habib memprediksi, pemberangkatan calon jemaah haji dari Jepara yaitu tanggal 4 atau 5 Juni 2022. Sedangkan, untuk jumlahnya yaitu 535 kursi.

“Kemungkinan ada tambahan. Kemungkinan ada pengurangan. Kita lihat nanti,” imbuh Habib.

Penambahan atau pengurangan itu, kata dia, tergantung dari kesiapan kesehatan calon jemaah haji itu sendiri. Jika ada yang kesehatannya tidak memungkinkan untuk berangkat, otomatis calon jemaah haji bisa berkurang.

Untuk itu, lanjut Habib, pihaknya memberikan pembekalan teknis sebelum para calon jemaah haji berangkat. Hal utama yang dijelaskan dalam agenda tersebut adalah soal kesehatan.

Habib menambahkan, para calon jemaah haji diwanti-wanti betul untuk menjaga kesehatan mereka. Pasalnya, pemberangkatan haji dilaksanakan beberapa hari lagi.

Selain soal kesehatan, mereka juga dibekali teknis manasik haji. Dijadwalkan, di masing-masing kecamatan akan dilaksanakan manasih haji secara massal. Sedikitnya ada empat kali manasik.

“Untuk praktek haji, kami jadwalkan pada 29 Mei 2022 mendatang,” pungkas Habib.

Sementara itu, Sahal Mahfudz (45), calon jemaah haji asal Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara, mengatakan sudah menyiapkan semua kebutuhan haji. Bahkan, ragam persyaratan dan perlengkapan sudah dia siapkan sejak 2019 lalu.

“Kalau perlengkapan sudah siap semua sejak tahun 2019. Karena waktu itu tidak jadi berangkat,” kata Sahal.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...