Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Enam Damkar Dikerahkan Untuk Padamkan Kebakaran di Kolong Jembatan Juwana Pati

Jembatan Juwana Terbakar
Jembatan Juwana setelah ikut dilalap si jago merah lantaran bangunan liar di bawahnya terbakar. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Dibutuhkan 6 armada mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah di kolong Jembatan Juwana, Minggu (22/5/2022) dini hari. Kebakaran hebat ini baru bisa dipadamkan pada sekitar pukul 04.50 WIB.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Pati Sugiyono memaparkan, enam damkar ini berasal dari empat armada damkar dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan dua dari PT Garuda Food, Pati. Selain itu, pihaknya juga dibantu warga setempat untuk memadamkan api.

“4 mobil damkar dan 12 personil damkar kita kerahkan. Dibantu 2 unit mobil damkar dari Garudafood dan 1 unit pompa Alkon (pompa air) dari Polsek Juwana,” ujar Sugiyono, Minggu (22/5/2022) pagi.

Sebanyak sebelas bangunan liar di kolong Jembatan Juwana terbakar pada Minggu (22/5/2022) 03.00 WIB. Sepuluh rumah beserta isinya ludes terbakar. Sementara satu rumah terbakar sebagian.

BACA JUGA: Jembatan Juwana Masih Panas, Arus Lalu Lintas Pantura Dialihkan ke Lingkar Juwana

Kebakaran ini berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.50 WIB. Penyebab pasti kebakaran ini belum bisa dipastikan. Namun dugaan sementara, mengarah pada kemungkinan terjadi karena konsleting listrik. Tak ada korban jiwa atas insiden ini. Polres Pati menaksir kerugian sekitar Rp30 juta.

Kebakaran ini juga membuat Jembatan Juwana ikut terbakar. Jembatan yang berada di jalur Pantura Jawa Tengang ini tidak difungsikan untuk sementara waktu karena masih panas. Akibat kebakaran kemungkinan membuat kerangka jembatan yang terbuat dari baja mengalami dampak.

Jembatan Juwana Terbakar
Jembatan Juwana paska mengalami kebakaran. (MURIANEWS/Istimewa)

Polres Pati akhirnya mengalihkan arus lalu lintas ke Jalan Lingkar Juwana atau Jembatan Juwana di sebelah Selatan. Kasubbag Humas Polres Pati, Iptu Sukarno menyebut Polres Pati menunggu Jembatan Juwana dingin terlebih dahulu dan memastikan kondisi jembatan.

Pengamatan dan pemeriksaan kondisi jembatan juga akan dilakukan untuk memastikan kondisinya. Pihaknya juga sudah meminta pihak yang berwenang untuk mengirimkan tim teknis mengamati secara pasti kondisi jembatan ini.

“Untuk sementara sambil menunggu besi penyangga jembatan dingin untuk arus lalu lintas dialihkan ke jalan Lingkar Juwana atau contra flow. Kondisi saat ini (07.30 WIB) masih panas,” kata Iptu Sukarno.

“Setelah besi penyangga jembatan dingin, akan kita coba untuk arus lalu lintas dinormalkan kembali lewat jembatan tersebut. Sambil dilakukan pengamatan,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...