Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

10 Bangunan Liar di Kolong Jembatan Terbakar, Jembatan Juwana Membara

Jembatan Juwana Terbakar
Penampakan Jembatan Juwana yang ikut dilalap si jago merah lantaran bangunan liar di bawahnya terbakar. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 10 bangunan liar yang berada di kolong Jembatan Juwana, Pati, Jawa Tengah, ludes terbakar , Minggu (22/5/2022) dini hari WIB. Hanya satu bangunan liar yang terbakar sebagian dalam kejadian ini. Kebakaran yang terjadi membuat jembatan yang terletak di Desa Doropayung, Pati, ini sempat membara karena jilatan si jago merah.

Menurut Kasubbag Humas Polres Pati, Iptu Sukarno, kebakaran ini berlangsung sekitar pukul 03.00 WIB. Pada saat itu, seorang warga, Suker (46) diketahui sedang sedang asyik menonton televisi. Suker menjadi salah satu saksi awal dalam kejadian ini.

“Dari belakang bangunan rumah, dia (Suker) mendengar suara letusan, sehingga mengecek asal suara letusan tersebut dan melihat kobaran api yang membumbung tinggi, dimana kobaran api tersebut berasal dari bangunan rumah Suratno (56),” ujar Iptu Sukarno, Minggu (22/5/2022) dinihari.

BACA JUGA: Jembatan Juwana Masih Panas, Arus Lalu Lintas Pantura Dialihkan ke Lingkar Juwana

Mengetahui telah terjadi kebakaran, Suratno disebutkan langsung berteriak minta tolong kepada warga sekitar, selanjutnya keluar menyelamatkan diri. Berawal dari sini, kejadian kebakaran kemudian dilaporkan kepada pihak Damkar (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Pati.

Sekitar pukul 03.15 WIB, 1 unit Mobil Damkar dari Kecamatan Juwana mendatangi lokasi kejadian. Selanjutnya di susul 2 unit mobil Damkar dari Kabupatan Pati yang lainnya. Baru pada sekitar pukul 04.50 WIB, api yang membesar akhirnya bisa dipadamkan.

Jembatan Juwana Terbakar
Jembatan Juwana, Pati, Jawa Tengah, membara. (MURIANEWS/Istimewa)

Kebakaran besar yang terjadi, sempat membuat bagian kerangka baja  Jembatan Juwana membara merah karena suhu panas yang tinggi. Kerangka baja jembatan ini memerah panas, sehingga akses jembatan langsung ditutup oleh petugas Polres Pati.

Iptu Sukarno, dalam keterangannya menyebut tidak ada korban jiwa atas insiden ini. Sedangkan kerugian ditaksir sekitar Rp30 juta. Sementara belum bisa dipastikan apa yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran. Namun diduga karena terjadi konsleting listrik.

“Sebanyak 10 bangunan rumah yang terbuat dari kayu dan triplek beratapkan asbes ludes terbakar dan satu bangunan rumah yang terbuat dari kayu dan triplek terbakar sebagian,” katanya menjelaskan.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...