Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

KUDUS FESTIVAL 2022

Wayang Klitik hingga Kirab Jenang Show di Kudus Festival Hari Ini

Pagelaran wayang klithik. (MURIANEWS.com)

MURIANEWS, Kudus – Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) di daerah Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek) menggelar acara Kudus Festival “Kota Empat Negri” untuk memamerkan budaya dan kuliner khas Kota Kretek di Museum Satria Mandala Jakarta.

Acara tersebut berlangsung sejak Sabtu (21/5/2022) kemarin dan Minggu (22/5/2022) hari ini adalah penutupannya.

Pada hari kedua ini, kebudayaan yang ditampilkan cukup padat dan keseluruhannya memiliki ciri khas yang berbeda walau sama-sama dari Kabupaten Kudus.

Yang paling khas, adalah wayang klitik. Wayang yang terbuat dari kayu tersebut umumnya dimainkan saat proses ruwatan dua sendang di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus.

Pagelaran wayang tersebut, sudah dilakukan sejak lama oleh warga desa yang berada di kaki Pegunungan Kendeng Utara itu. Bahkan, sudah digelar saat masa penjajahan Belanda.

Baca: Hawuk-Hawuk, Penganan Jadul Khas Wates Mejeng di Kudus Festival Jakarta

Nama klithik sendiri diambil karena saat dimainkan, wayang akan berbunyi “klitik-klitik” karena bagian-bagian kayunya yang saling bergesekan.

“Kesenian tersebut dijadwalkan show pada pukul 12.50 WIB dengan durasi satu jam. Bagi yang penasaran bisa langsung merapat ke Kudus Festival yang ada di Museum Satria Mandala Jakarta,” kata Ketua Panitia Kudus Festival Himawan Noor Tauriq, Minggu (22/5/2022).

Kemudian kebudayaan lain yang ikut tampil pada hari ini adalah kirab jenang, yang merupakan tradisi khas Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kudus. Tradisi ini digelar sebagai tanda syukur atas keberkahan dari yang maha kuasa. Ribuan jenang biasanya dikirab atau diarak dalam acara ini.

Sementara untuk stan kuliner yang sudah buka sejak hari pertama, masih akan melayani pengunjung hingga hari ini.

Baca: Rokok Klobot Sukun Sedot Perhatian di Kudus Festival

Mulai dari lentog, sate kebo, ego tahu telor, sego pindang, soto Kudus, opor gosong, garang asem, sego jangkrik, dan aneka cemilan seperti getuk nyimut, es gempol, leker, kopi muria, sudah akan tersedia.

Soal harga, Himawan mengatakan semua makanan yang dihadirkan tidak akan jauh-jauh dari harga lokal Kudus. Sehingga walaupun jajan banyak dipastikan tidak akan melubangi kantong.

“Kami juga memboyong puluhan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) asli Kudus, kami bawa dan kami pamerkan di festival ini, silahkan melihat produk-produk unggulan Kudus ini,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...