Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mobile Reader, Alat Transaksi yang Disiapkan untuk Urai Antrean di Gerbang Tol

Mobile Reader, Alat Transaksi yang Disiapkan untuk Urai Antrean di Gerbang Tol
Foto: Petugas jalan tol sedang mengoperasikan alat mobile reader (bpjt.pu.go.id)

MURIANEWS, Kudus– Mobile reader adalah alat yang berfungsi untuk mempercepat waktu transaksi pembayaran tol. Melalui alat tersebut, petugas akan menjemput bola dengan mendekati pengemudi yang sedang berada dalam antrean kendaraan di mulut gerbang tol (GT).

Melansir dari laman Badan Pengelola Jalan Tol, mobile reader merupakan upaya peningkatan kapasitas gardu yang sudah ada, baik pada sistem transaksi terbuka maupun sistem transaksi tertutup. Teknologi Mobile Reader merupakan alat transaksi pembayaran melalui uang elektronik (e-Money) yang berbentuk wireless atau tanpa kabel.

Teknologi ini terbukti mampu memangkas waktu transaksi apalagi digunakan saat terjadi antrean kendaraan yang ingin melakukan pembayaran di Gerbang Tol seperti saat arus balik pemudik Lebaran.

Baca juga: Sejarah Jalan Tol di Indonesia, Pembangunan Pertama Dimulai Tahun 1975 dengan Panjang 59 Kilometer

Sebagai perbandingan, biasanya per satu gardu existing membutuhkan waktu 4-5 detik per transaksi, namun dengan penggunaaan mobile reader dalam durasi waktu yang sama bisa melayani 3 kendaraan sekaligus.

Pengemudi cukup menempelkan kartu tol elektronik ke mobile reader yang dibawa oleh petugas. Dengan demikian, pengguna jalan tidak perlu melakukan tapping di gardu dan dapat melanjutkan perjalanan.

Bukan hanya khusus melayani antrean saat arus mudik lebaran, mobile reader juga membantu kelancaran transaksi yang kadang ditemukan antrean di hari-hari biasa. Setiap Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga memiliki teknologi mobile reader ini dalam mengantisipasi adanya antrean kendaraan saat melakukan transaksi di gerbang tol.

Pastikan saldo uang elektronik (e-Money) terisi cukup sesuai tujuan perjalanan. Jika ingin mengisi saldo dapat melakukan pengisian secara mandiri melalui mobile banking ataupun ke gerai minimarket yang menyediakan jasa pengisian ulang saldo uang elektronik tersebut.

Selain itu di egrbang tol juga tersedia gerai Top Up saldo uang elektronik bagi pengendara yang kehabisan saldo dalam keadaan darurat.

Baca juga: Inovasi Teknologi Sosrobahu, Mahakarya Asli Indonesia untuk Pembangunan Jalan Layang yang Mendunia

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: bpjt.pu.go.id

Comments
Loading...