Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

KUDUS FESTIVAL 2022

Gus Mus: Kudus Kota Mulia yang Penuh Keberagaman

Gus Mus dalam acara Kudus Festival yang diselenggarakan Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) di Museum Satria Mandala, Jakarta, Sabtu (21/5/2022). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Jakarta – KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus dalam Kudus Festival “Kota Empat Negri” yang diselenggarakan Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) di Museum Satria Mandala, Jakarta, Sabtu (21/5/2022) menyampaikan jika Kabupaten Kudus merupakan daerah yang mulia dan penuh keberagaman.

Gus Mus mengatakan, hal tersebut sudah tercermin sejak awal berdirinya Kudus oleh Syekh Ja’far Sodhiq atau Sunan Kudus. Di mana pada waktu itu, Sunan Kudus menganjurkan untuk tidak menyembelih sapi saat Iduladha dan diganti oleh hewan kerbau.

“Sunan Kudus mengajarkan hal yang mulia karena Islam juga mengajarkan ini,” ucap Gus Mus.

Baca: Rokok Klobot Sukun Sedot Perhatian di Kudus Festival

Dia menambahkan, Allah selalu memuliakan umat-umatnya siapapun mereka. Kemuliaan yang diberikan Allah sangat tidak pandang bulu dan latar belakang pekerjaan.

“Allah memuliakan kita bukan karena siapa kita, Allah memuliakan kita karena diri kita sendiri,” ujarnya.

Kudus, lanjut Gus Mus, juga merupakan sebuah daerah yang sangat kuat rakyatnya. Sehingga bukan rakyat yang membutuhkan pemerintah, namun pemerintahlah yang membutuhkan rakyatnya. “Dan pemerintah yang membutuhkan swasta,” pungkasnya.

Gelaran Kudus Festival sendiri, menjadi wadah bagi warga Kudus di Jabodetabek untuk berkumpul dan melepas kerinduan bersama. Utamanya dengan kebudayaan dan makanan-makanan khas Kota Kretek.

Baca: Hawuk-Hawuk, Penganan Jadul Khas Wates Mejeng di Kudus Festival Jakarta

FKMK membawa sejumlah kebudayaan daerah untuk show di sana. Mulai dari kesenian seni barongan, kirab jenang, ketoprak hingga wayang klithik khas Wonosoco Undaan Kudus.

Selain itu, kuliner khas seperti lentog, sate kebo, ego tahu telor, sego pindang, soto Kudus, opor gosong, garang asem, sego jangkrik, dan aneka cemilan seperti gethuk nyimut es gempol, leker, kopi muria, nanti ada di Kudus Festival.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...