Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

20 Persen Pegawai Dinkes Grobogan Obesitas

20 Persen Pegawai Dinkes Grobogan Obesitas
Kepala Dinas Kesehatan Grobogan Slamet Widodo juga mengikuti skrining kesehatan di kantor setempat, Jumat (20/5/2022). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan – Sebanyak 20 persen pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan dinyatakan obesitas. Itu berdasarkan hasil pelaksanaan Pos Binaan Terpadu (Posbindu), Jumat (20/5/2022).

Posbindu yang digelar di halaman kantor dinas itu, menyasar pada 90 orang. Hasilnya, 18 orang dinyatakan obesitas dan empat orang berpotensi stres terhadap pekerjaan.

Kemudian, empat orang memiliki gula darah tinggi, sembilan orang kolesterolnya tinggi, 10 orang darah tinggi, dan 16 orang dengan urat tinggi.

Baca: Dikunjungi Bupati, Penderita Obesitas Jepara Diminta Segera Dirujuk ke RSUP Kariadi

Itu diungkapkan Sub Koordinator Penyakit Tidak Menular, Dinas Kesehatan Grobogan Subandi. Dijelaskan, Posbindu Institusi perlu dilakukan. Sebab, kegiatan yang monoton dibarengi kebiasaan kurang baik para karyawan bisa menimbulkan risiko penyakit tidak menular.

“Kebiasaan buruk itu antara lain kurangnya bergerak alias mager (malas gerak) yang juga melanda sebagian besar masyarakat saat ini,” ujarnya.

Gaya hidup tidak sehat ini dapat menjadi salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan gangguan metabolisme. Hal itu dapat mencetuskan terjadinya penyakit tidak menular (PTM).

Dengan dilaksanakannya posbindu institusi ini diharapkan karyawan dapat mengetahui risiko PTM. Setelah diketahui, diharapkan ada upaya-upaya antisipasi untuk mencegahnya.

“Seperti, lebih banyak aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman alkohol. Selain itu, juga diharapkan memeriksa kesehatan secara rutin, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat,” ujarnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...