Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui Cara Mengetahui Bensin Oplosan atau Murni, Mudah Banget

Ketahui Cara Mengetahui Bensin Oplosan atau Murni, Mudah Banget
Foto: Ilustrasi bensin eceran (astramotor.co.id)

MURIANEWS, Kudus– Membeli bensin terkadang dilakukan di pinggir jalan atau yang dikenal dengan bensin eceran. Hal ini dilakukan karena jauh dari pom bensin atau kondisi darurat akibat kehabisan bahan bakar di perjalanan.

Membeli bensin eceran boleh-boleh saja. Namun, ada baiknya tetap waspada karena ada bisa jadi ada oknum nakal yang menjual bensin oplosan atau dicampuri bahan lain.

Hal ini penting dilakukan karena bensin oplosan sangat berbahaya untuk mesin kendaraan bermotor. Di mana mesin akan menjadi lebih mudah rusak jika mengonsumsi bensin oplosan.

Baca juga: Benarkah Kapur Barus Bisa Menaikkan Nilai Oktan Bensin? Ini Jawabannya

Untuk mengetahui apakah bensin yang dijual adalah barang asli atau oplosan bisa dilakukan dengan mudah. Berikut caranya, seperti dikutip dari Federal Oil.

Menggunakan jari tangan

Jari tangan juga bisa digunakan sabagai media untuk menguji sebuah bensin ori atau kw lho. Caranya sederhana, kalian hanya perlu memasukan jari tersebut ke dalam bensin yang dijual.

Tunggu beberapa detik dan amati bagaimana pengupan yang terjadi pada bahan bakar di jarimu. Jika kalian mendapati bensin cepat hilang atau mengering maka hal tersebut adalah tanda kalau bahan bakar tersebut murni.

Apabila sebaliknya, beberapa detik tidak ada perubahan dan meninggalkan zat sisa, maka itu adalah indikator kalian mendepatkan bensin oplosan. Mungkin percobaan ini terlihat absurd, namun perlu kalian ketahui bensin merupakan benda yang cepat menguap. Maka dari itu, tempat penyimpannya di motormu dibuat rapat dan kedap akan udara.

Bisa Memanfaatkan Koran bekas

Cara lain yang juga bisa digunakan untuk menguji hal ini adalah dengan media koran. Pengunaan koran untuk megetahui mana bensin oplosan dan murni adalah dengan melihat tulisan yang ada di benda tersebut bisa dibaca atau tidak.

Maksudnya, ketika bensin itu kw atau telah dicampur, akan menjadikan sebuah tulisan di koran luntur. Pasalnya, kebayakan pengoplos mengunkan miyak tanah sebagai bahan campuran. Dan tinta di koran tidak tahan dengan bahan tersebut. Sedangkan kalau bisa untuk dibaca maka hal tersebut adalah tanda bahan bakar itu benar-benar murni.

Memperhatikan warnanya juga bisa jadi solusi

Masih tentang cara membedakan bensin yang ori atau oplosan. Memperhatikan warna pada bahan bakar yang dijual juga bisa menjadi solusi lho. Meski diperlukan pengamatan yang sangat cermat, namun bila kalian kerap mengisi bahan bakar di SPBU, pasti mudah untuk membedakannya.

Pada umumnya, bensin yang asli akan berwarna bagus kalau premium ya kuning cerah, pertalite hijau, sedangkan pertamax merah layaknya sirup dan biru tua untuk yang 92. Nah, bila kalian menemui selain warna tersebut saat mengisi bensin di pengecer, bisa dipastikan kalau itu adalah bensi oplosan.

Satu lagi, semua bensin yang asli tidak akan meninggalkan banyak edapan di dasar botol. Bahan bakar tersebut selalu bening tanpa terkontaminasi bahan lain.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Comments
Loading...