Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO YOGYAKARTA

Ajak Warga DIY Bijak saat Lepas Masker, Sri Sultan: Pandemi Masih Ada

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. (Humas Pemda DIY)

MURIANEWS, Yogyakarta – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengajak masyarakat DIY lebih bijak dalam melepas masker. Meski sudah mendapat lampu hijau dari pemerintah, Sultan tetap mengajak masyarakat tetap berhati-hati.

Ia pun mencontohkan, saat berada di ruang terbuka memang tak ada salahnya melepas masker. Namun, jika ruang terbuka tersebut sedang ramai akan kerumunan, warga juga harus menimbang untuk melepasnya.

Baca: DIY Masih PPKM Level 3, Begini Penjelasan Sri Sultan

“Kalau saya, kalau memang biar pun di ruang terbuka kalau seperti Malioboro penuh ya harus bijak mau copot atau buka. Hanya masalahnya kan risikonya masih besar karena pandemi masih ada,” katanya seperti dikutip Detik.com, Jumat (20/5/2022)

Sedangkan saat di ruang tertutup, lanjut Sultan, penggunaan masker harus dilakukan. Sebab, sirkulasi udara di dalam ruangan tidak sebagus saat di luar ruang.

“Boleh saja (lepas masker) kalau di tempat terbuka silakan tapi kalau di dalam ruang dipakai karena perputaran udaranya belum tentu bagus,” katanya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi mengatakan saat ini masih masa transisi pelonggaran masker. Masyarakat pun ia himbau tetap berhati-hati.

Baca: Sri Sultan Pastikan Yogyakarta Tak Akan Lockdown: Saya Nggak Kuat Ngragati Rakyat

“Kami memang mengimbau supaya kalau memang masih nyaman makai masker silakan pakai masker aja,” kata Heroe.

Begitu pun dengan masyarakat yang tengah sakit. Heroe berharap, mereka tetap mengenakan masker saat di luar ruang.

“Kecuali mereka yang batuk pilek, lansia dan komorbid (tetap pakai masker),” katanya.

Heroe menegaskan, pelepasan masker hanya untuk kondisi tertentu yang telah memungkinkan. Seperti berada di luar ruang dalam kondisi tak berkerumun.

“Kalau sudah dalam kondisi memungkinkan tidak pakai masker tidak apa-apa,” imbuhnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...